Pola-pola komunikasi dakwah perwira rohani Islam di Markas Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardoyo, Ali (2017) Pola-pola komunikasi dakwah perwira rohani Islam di Markas Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (490kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (405kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (383kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Persoalan yang di kaji dalam tesis ini yaitu (1) Bagaimana pola komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Perwira Rohani Islam di Makoarmatim, (2) Bagaimana situasi komunikasi dan dinamika dakwah oleh para perwira Rohani Islam di Makoarmatim. Untuk mengungkap permasalahan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai pola komunikasi dakwah para Perwira Rohani Islam terhadap prajurit mako koarmatim. Kemudian dianalisis. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian di lapangan didapati bahwa (1) pola komunikasi dakwah yang ditempuh oleh para Perwira Rohani Islam di Mako Koarmatim antara lain adalah dengan melaksanakan kegiatan ceramah yang dilaksanakan secara rutin tiap hari rabu pagi (Kauseri Agama Islam), pembekalan pra nikah terhadap prajurit yang akan menikah, penyelengaraan kegiatan yang bersifat membangun mental rohani Islam. (2) Kegiatan yang dilaksanakan Perwira Rohani Islam, ada beberapa faktor yang mendukung serta yang menjadi penghambat. (a) Faktor yang mendukung seperti tersedianya sarana dan prasarana dari dinas yang mendukung, ketaatan prajurit dalam melaksanakan perintah, kedisiplinan, situasi yang mendukung, setiap kegiatan selalu memiliki dasar sebagai aturan.(b) Faktor yang menghambat, anaara lain; Kurangnya personel Perwira Rohani Islam untuk mengisi jabatan organisasi bintal, belum tersusunya secara sistematis dan teratur tema-tema dakwah dan sasaran dakwah, adanya pergeseran personel karena kepentingan organisasi dan jabatan, keterbatasan jumlah personel Parohis yang tidak dapat diikutkan dalam kegiatan operasi dan latihan perang. (c) Untuk mengatasi persoalan tersebut maka Perwira Roahani Islam yang ada di Mako Koarmatim senantiasa mengacu pada Petunjuk Kerja dan Peraturan Kepala Staff TNI AL sebagai acuan utama, Petunjuk Pelaksanaan sebagai petunjuk pelaksanaan kegiatan, serta Petunjuk Tehnis dalam sebagai acuan pekerjaan .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardoyo, Alizuzokwardoyo@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Angkatan Bersenjata
Indonesia
Komunikasi Dalam Islam
Uncontrolled Keywords: Komunikasi dakwah; perwira rohani; MAKO KOARMATIM
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2017 01:17
Last Modified: 14 Sep 2017 01:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20159

Actions (login required)

View Item View Item