Pemikiran teologi Islam modern: buku pedoman perkuliahan Program S-1 Jurusan Aqidah Filsafat Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Ampel Surabaya

Alim, Ma’shum Nur (2015) Pemikiran teologi Islam modern: buku pedoman perkuliahan Program S-1 Jurusan Aqidah Filsafat Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Ampel Surabaya. IAIN Press, Surabaya.

[img]
Preview
Text
Pemikiran teologi Islam modern.pdf

Download (973kB) | Preview

Abstract

Pada konteks sejarah pemikiran, ada tiga pembagian periode yang biasanya disepakati secara umum. Yaitu periode klasik, pertengahan, dan modern. Masing-masing periode tentu memiliki karakteristik pemikiran yang berbeda . Perbedaan itu menjadi satu keniscayaan, oleh karena tantangan yang dihadapi berbeda, problem yang muncul berbeda, tokohnya juga berbeda. Sama halnya dengan bidang pemikiran, dalam bidang teologi juga terjadi periodesasi atau pengklasifikasian babakan yang meliputi penandaan terhadap karakteristik, baik tokoh maupun model pemikirannya. Teologi merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Teologi merupakan penyerapan atau perefleksian ajaran agama atas realita dunia. Bahkan bagi manusia yang tidak beragamapun, tetap berteologi sekalipun tanpa agama. Interaksi, penetrasi dan akhirnya penjajahan Barat atas hampir seluruh wilayah Islam dalam cara modern tidak hanya mengakibatkan disintegrasi politik Islam, tetapi juga menyebabkan kelemahan bahkan kemalasan yang sangat intens di kalangan umat islam itu sendiri. Suprioritas Barat dalam berbagai lapangan kehidupan merangsang munculnya usaha pembaharuan (modernisme) di kalangan pemikir muslim. Sementara itu wilayah tertentu dari dunia Islam melancarkan pembaharuan-pembaharuan di bidang militer dan birokrasi, yang akhirnya berpuncak pada westernisasi dan skularisasi. Pembaharuan itu terjadi di Turki dan wilayah Timur Tengah khususnya Mesir, yang sering dianggap sebagai garda depan perkembangan politik, social, intelektual dan keagamaan di dunia Arab dan dunia muslim yang lebih luas.

Email:
Item Type: Book
Supervisor: A’la, Abd.
Uncontrolled Keywords: Teologi; Islam modern
Subjects: Islam > Islam, Pembaharuan
Teologi
Divisions: Karya Ilmiah > Buku Ajar
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2017 05:01
Last Modified: 15 Sep 2017 07:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20120

Actions (login required)

View Item View Item