Hadis tentang mahar al-Qur'an: studi hadis Sunan Tirmidzi nomor indeks 1116

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'am, lddatun (2012) Hadis tentang mahar al-Qur'an: studi hadis Sunan Tirmidzi nomor indeks 1116. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (963kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (291kB)

Abstract

Mengetahui otentisitas hadis memang berbeda dengan AJ-Qur'an, karena pembukuan hadis baru dilakukan sekitar abad ke-3 Hijriyah. Rentang waktu 200 tahun, dan hal ini cukup memberi peluang kemungkinan keragaman teks hadis . dengan melihat latar historis yang seperti inilah penelitian hadis masih perlu dilakukan untuk memenuhi khazanah ntelektualitas muslim dalam memaharni landasan suatu problematika dengan melalui pemaharnan pada Al-sunnah. Salah satu hadis yang perlu untuk dikaji dengan ulang terutama pada sisi pemaknaannya adalah hadis tentang Mahar Al-Qur'an dalam Kitab Sunan Al-Tinnidzi. Mahar merupakan hak absolut wanita, namun mengenai ukurannya para ulama berbeda pendapat dalam menentukan minimal mahar yang wajib diberikan calon suami, sehingga relefansi hadis ini perlu untuk di ulas kembali agar mendapatkan pemaknaan yang lebih komprehensif tentang Mal1ar menggunakan Al-Qur'an. Untuk penelitian tersebut, maka didapatkan rumusan masalah sebagai berikut: 1). Bagaimana kualitas hadis tentang Mahar Al-Qur'an dalam Kitab Sunan Al-Tinnidzi Nomor Indeks 1116; 2). Bagaimana kehuijahan hadis tentang Mahar Al-Qur'an dalarn Kitab Sunan Al-Tinnidzi Nomor Indeks 1116; 3). Bagaimana Pemaknaan Hadis tentang Mahar Al-Qur'an dalam Kitab Sunan Al­ Tinnidzi Nomor lndeks 1116. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kualitas sanad hadis tentang mahar Al-Qur'an adalah Shahih Li Dzatihi, mengingat banyaknya ulama yang memberikan penilaian terpuji. Sedangkan dari segi matannya dapat dikatakan shahih, karena matan hadis Imam Al-Tinnidzi tidak bertentangan dengan Al­-Qur'an, dan hadis tersebut adalah maqbul termasuk kategori maqbul ma 'mulun bihi. Sehingga dapat dijadikan sebagai huijah dan dapat dijadikan dasar dalam kehidupan sekarang. Dalam pengkajian pemaknaan hadis, ditemukan bahwa mahar Al-Qur'an tidak cukup dengan memberikan mushaf saja, melainkan suarni juga harus mengajari membaca, mengajar segala sesuatu yang terkandung dalam mushaf itu serta bisa mengamalkannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'am, lddatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Nikah
Hadis
Uncontrolled Keywords: hadis; mahar al-Qur’an; Sunan Tirmidzi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Aug 2017 08:09
Last Modified: 31 Aug 2017 08:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19953

Actions (login required)

View Item View Item