Anallsls teorl aksi Max Weber terhadap makna pekerjaan bagi santri pesantren salafiyah: study kasus pesantren salafiyah al Ishlahiyah Desa Jorongan Kec. Leces Kab. Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anshory, Saifuddin (2010) Anallsls teorl aksi Max Weber terhadap makna pekerjaan bagi santri pesantren salafiyah: study kasus pesantren salafiyah al Ishlahiyah Desa Jorongan Kec. Leces Kab. Probolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (742kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan kajian field research terhadap pandangan dan pemaknaan para santri pesantren Al Ishlahiyah terhadap pekerjaan clan peran pekerjaan bagl santri jenls-jenis pekerjaan yang ingin digeluti dan latar belakang pemaknaan para santrl terhadap pekerjaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Pemilihan subyek penelitlan dilakukan dengan menetapkan kriteria khusus, yaitu pada santri pesantren Al Ishlahiyah yang berumur antara 1S hingga 19 tahun. Data peneliti dihimpun melalui tekhnik wawancara mendalam, observasi non partisipasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan pada saat penelitian berlangsung dan setelah selesal penelltian. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa makna pekerjaan bagi santri dan alumni merupakan sebuah kilsab atau lkhtlyar, nytweh engon, nytweh dunnyah, alalcoh nyareh pesse. Pekerjaan bagi para santrl merupakan sebuah ibadah. Rizki yang didapat dianggap sebagai anugerah dari Tuhan dan hasilnya diserabkan semuanya pada kehendak Tuhan. Mereka menggunakan nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, dan keikhlasan dalam bekerja. Bekerja juga dlartlkan sebagai wadah kreatifttas clan cara memperoleh penghasilan untulc media ibadah. Peran utama pekerjaan bagl para santri merupakan media penunjang ibadah. Disamping itu, pekerjaan bagi para santrl juga merupakan media aktualisasi dirl dan supaya mendapat pengakuan dari masyarakat. Dengan bekerja mereka berusaha menjaga moralitas dan memperoleh identltas sebagai laki-laki sejati. Begitu pula alumni, peran pekerjaan bagi mereka merupakan sebagal kewajiban dalam media pemenuhan kebutuhan hidup dan nafakah keluarga. Para santri memilih pekerjaan berdasarkan kepada syari'at Islam, sunnah Nabi, keleluasaan waktu, dan sifat pekerjaan yang dinamls dan menantang. Pekerjaan yang diminati para santri antara lain seperti usaha perdagangan, bisnis, wiraswasta dan bertani. Selain itu mereka juga ingin memiliki usaha sampingan yang lain sebagal penambah penghasilan. Begitu juga alumni, pekerjaan yang mereka tekuni terutama dibidang bisnis dan perdagangan disamping sebagai petani dan pegawai. Pandangan dan pemaknaan para santri dilatar belakangi oleh ajaran-ajaran agama yang diperoleh di dalam pesantren. Disamping itu pengaruh orang tua, kyai dan ustadz yang mengajar dipesantren juga sangat dominan. Keseharian kyai dan ustadz merupakan tauladan bagi para santri. Bekerja di pandang sebagai kewajiban untuk mencarl bekal ibadab. Berdasarkan temuan penelitian, diberikan saran-saran berupa pengembangan bimbingan keahlian bagi para santri di pesantren dan institusi pendidikan, dalam upaya untuk membantu dan mengembangkan potensi para santri dalam berbagai bidang keahlian. Saran tersebut juga diberikan kepada para praktisi pendidikan dan peneliti yang a1can melakukan penelitian lebih lanjut. Juga bagi pemerintah supaya lebih mengembangkan pemberlan modal saha ecil menengah dan juga penentuan kebijakan bagi kemajwm pendidikan pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anshory, SaifuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Santri
Uncontrolled Keywords: santri; alumni pesantren salafiyah; pekerjaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Aug 2017 03:58
Last Modified: 30 Aug 2017 03:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19928

Actions (login required)

View Item View Item