إعداد مواد تعليم اللغة العربية لتنمية مهارة الكتابة لطلبة الجامعة البحث والتطوير في دراسة اللغة العربية المكثفة بمعهد الجهاد لطلبة الجامعة سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qosim, Muhammad (2017) إعداد مواد تعليم اللغة العربية لتنمية مهارة الكتابة لطلبة الجامعة البحث والتطوير في دراسة اللغة العربية المكثفة بمعهد الجهاد لطلبة الجامعة سورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (735kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (14MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (993kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menulis adalah salah satu kemampuan dasar dalam belajar bahasa pertama dan bahasa asing dengan porsi yang sesuai. Akan tetapi mempelajarinya bukanlah suatu hal yang mudah, melainkan suatu bagian yang paling sulit diantara kemampuan-kemampuang yang lain, oleh sebab itu seorang guru haruslah memilih materi-materi bahasa arab yang sesuai untuk mengajarkan tentang kemampuan menulis ini. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses penyusunan bahan ajar bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan menulis (2) untuk mengetahui penerapan bahan ajar bahasa arab dalam pembelajaran kemampuan menulis (3) Untuk mengetahui penggunaan dan efektifitas bahan ajar bahasa arab dalam meningkatkan kemampuan menulis. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti penggunakan konsep penelitian kuantitatif, yang berdasarkan pada konsep penelitian dan pengembangan (R&D). Proses penelitianya mengunaan pre-test dan post-test dengan jumlah objek mahasiswa yang diteliti sejumla 25 orang. Berdasarkan data-data yang diperoleh oeh peneliti menunjukan post-test lebih besar dari pada pre-test. Yakni 77 : 69. Adapun hasil dari penelitian ini menunukkan bahwa bahan ajar yang dibuat oleh peneliti berhasil meningkatkan kemampuan menulis bagi mahasiswa di pondok pesantren mahasiswa (PPM) Al-Jihad Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qosim, Muhammadmuhammadqosim14@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Bimbingan Belajar
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Kemampuan menulis; Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Qosim Muhammad
Date Deposited: 29 Aug 2017 07:28
Last Modified: 29 Aug 2017 07:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19900

Actions (login required)

View Item View Item