Implementasi program klub bahasa Jepang pada kurikulum muatan lokal di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Nur (2012) Implementasi program klub bahasa Jepang pada kurikulum muatan lokal di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis meneliti tentang implementasi program klub bahasa Jepang pada kurikulum muatan lokal bahasa Jepang di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru. Bahasa Jepang termasuk bahasa asing yang cukup populer tidak kalah dengan bahasa Inggris. Oleh karena itu bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang perlu dipelajari dan dikuasai oleh siswa dengan tujuan siswa mempunyai keahlian dan kemampuan dalam menguasai bahasa asing. Kurikulum muatan lokal adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran yang ditapkan oleh daerah sesuai dengan keadaan dan kebutuhan daerah masing-masing serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar. Bahasa Jepang merupakan bahasa resmi di Jepang dan jumlah penutur 127 juta jiwa dan juga digunakan oleh sejumlah penduduk negara yang pernah ditaklukkannya seperti Korea dan Republik Cina. Bahasa Jepang tidak kalah dengan bahasa asing yang lain seperti bahasa Inggris. Oleh karena itu penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru - Sidoarjo dengan judul : lmplementasi Program Klub Bahasa Jepang Pada Kurikulum Muatan Lokal Di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru - Sidoarjo. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai implementasi program klub bahasa Jepang di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru - Sidoarjo, faktor-faktor yang mendukung dan menghambat program klub bahasa Jepang di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru - Sidoarjo. Terkait dengan penelitian di atas peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif yang menggunakan metode pengumpulan data: observasi, interview, dan dokumentasi. Dan adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah, kepala sekolah, guru bimbingan konseling, TU dan siswa siswi Madrasah Aliyah Darul Ulum Sidoarjo. Adapun langkah dalam tehnik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian ini, program klub bahasa Jepang merupakan salah satu bentuk inovasi pendidikan pada pola pembelajaran yang benar - benar disesuaikan dengan kondisi daerah sekitar. Penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya klub bahasa Jepang penyampaian materi menjadi sangat menyenangkan, efektif, dan efisien. Apalagi didukung dengan adanya kompetisi yang membuat peserta didik menjadi lebih bersemangat dalam mengikutinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Program bahsa; Bahasa Jepang; Kurikulum; Muatan Lokal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Aug 2017 02:37
Last Modified: 29 Aug 2017 02:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19894

Actions (login required)

View Item View Item