Konsep pendidikan Islam dalam pembentukan karakter perspektif Hasan Langgulung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bintoro, Bintoro (2012) Konsep pendidikan Islam dalam pembentukan karakter perspektif Hasan Langgulung. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (913kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) tentang konsep pendidikan Islam dalam pembentukan karakter perspektif Hasan Langgulung. Penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah yaitu pertama, bagaimana konsep pendidikan Islam dalam pembentukan karakter, dan kedua, bagaimana konsep pendidikan Islam dalam pembentukan karakter perspektif Hasan Langgulung. Dalam penelitian kualitatif ini menggunakan metode dokumenter yaitu metode paling tepat dalam memperoleh data yang bersumber dari buku-buku sebagai sumber dan bahan utama dalam penulisan penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah pertama, disadari bahwa karakter yang dimiliki manusia itu bersifal fleksibel atau luwes serta bisa dirubah atau dibentuk. Karakter manusia suatu saat bisa baik tetapi pada saat yang lain bisa jahat. Perubahan ini tergantung bagaimana proses interaksi antara potensi dan sifat alami yang dimiliki manusia dengan kondisi lingkungannya, sosial budaya, pendidikan, dan alam. proses yang digunakan adalah proses pembiasaan, sebab karakter itu tidak dapat dibentuk secara instan. Kedua, pendidikan dapat dilihat dari dua segi, yaitu segi pertama dari individu, kedua dari segi pandangan masyarakat, dan ketiga dari segi individu dan masyarakat. Dalam metode ada tiga aspek pokok yang berkaitan dengan seorang guru berdedikasi yang penuh dengan kesadaran tentang tanggung jawabnya sebagai seorang muslim terhadap orang-orang yang ada dibawah tanggung jawabnya, yaitu: membina karakter, kebebasan, dan memberikan hukuman dan ganjaran. Selanjutnya, proses pembentukan karakter pada kepribadian muslim adalah terwujudnya perilaku mulia sesuai dengan tuntunan Allah swt, yang dalam istilah lain disebut akhlak yang mulia. Proses pembentukan kepribadian dapat dilakukan dalam tiga macam peudidikan, yaitu: Pra natal education, pendidikan secara langsung oleh pihak lain,dan Self education (pendidikan mandiri).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bintoro, BintoroUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Pembentukan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2017 07:26
Last Modified: 28 Aug 2017 07:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19887

Actions (login required)

View Item View Item