Tindakan sosial masyarakat multicultural dalam menghadapi Pemilu legislatif 2009 di wilayah Muharto Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

Mustaqim, M. Arif (2010) Tindakan sosial masyarakat multicultural dalam menghadapi Pemilu legislatif 2009 di wilayah Muharto Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (511kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (235kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah yang kami angkat, maka ada tiga persoalan yang akan dianalisis dalam skripsi ini. Dalam analisis ini, pendekatan yang dipakai adalah teori Tindakan Sosial. Tiga persoalan yang diangkat adalah (1) Seperti apa tindakan sosial masyarakat dalam menghadapi Pemilu Legislatif 2009? (2) Bagaimana Pemilu Legislatif yang diharapkan oleh masyarakat? Adapun tujuan yang ingin didapatkan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seperti apa tindakan sosial yang dilakukan masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif 2009 ini. (2) Untuk mengetahui seperti apa Pemilu Legislatif yang benar-benar diharapkan oleh masyarakat. Untuk menjawab dua persoalan di atas, maka penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, karena dengan menggunakan pendekatan tersebut fenomena atau permasalahan yang ada terkait dengan permasalahan tindakan sosial masyarakat dalam menghadapi Pemilu Legislatif 2009 dapat di ungkap dengan data-data yang diolah dengan baik sehingga dapat menghasilkan penelitian yang baik dan valid. Setelah penelitian ini dilakukan akhimya dapat ditemukan jawaban dari rumusan masalah yang diangkat, yaitu (1) Kebohongan-kebohongan akan janji­ janji politik dari caleg ataupun parpol menyebabkan perubahan tindakan sosial di masyarakat dalam Pemilu Legislatif 2009 ini. Banyak masyarakat dari etnis Jawa yang memanfaatkan para caleg ataupun memutuskan akan datang ke TPS asal ada uangnya. Sedangkan masyarakat dari etnis Madura lebih memilih bersikap Golput dalam Pemilu Legislatif 2009 ini. (2) Masyarakat RW VIII berharap dan ingin untuk melihat pesta demokrasi yang lebih baik lagi di Indonesia. Mereka menginginkan pemilu yang aman, jujur, adil dan demokratis. Mulai dari proses penyelenggaraannya, proses pendaftaran pariai politik sampai proses pencalegan. Setelah penelitian ini dilakukan dan hasilnya pun telah diketahui maka harapan penulis temuan ataupun saran-saran yang ada dapat dijadikan pertimbangan bagi pemerintah selaku penyelenggara Pemilu Legislatif di Indonesia.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Warsito, Warsito
Uncontrolled Keywords: tindakan sosial; Pemilu legislatif 2009
Subjects: Masyarakat
Perilaku
Pemilihan Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Aug 2017 04:57
Last Modified: 24 Aug 2017 06:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19835

Actions (login required)

View Item View Item