Hubungan antara penerimaan diri dengan kemampuan penyesuaian sosial pada remaja tunadaksa di Desa Gentengkulon Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Husni Kusumaning (2008) Hubungan antara penerimaan diri dengan kemampuan penyesuaian sosial pada remaja tunadaksa di Desa Gentengkulon Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penerimaan diri dengan kemampuan .penyesuaian sosial pada remaja tunadaksa di Desa Gentengkulon Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. Populasi penelitian ini adalah remaja tunadaksa yang berjwnlah 30 orang dengan kriteria sebagai berikut usia antara 13 tahun sampai 19 tahun. clan mengalami cacat fisik yang tidak alami atau di karenakan kecelakaan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala penerimaan diri dan skala kemampuan penyesuaian sosial. Analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi nonparametric Kendal tau. yang kemudian diuji Z untuk mengeneralisasikan, korelasi analisis ini menggunakan bantuan computer program statistic package for social science (SPSS) versi 15.0 for Windows. Hasil Uji analisis Kendal Tau dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan tersebut Signifikan antara penerimaan diri dengan kemampuan penyesuaian sosial pada remaja tunadaksa di Desa Gentengkulon Kecamatan Genteng K.abupaten Banyuwangi. Diperoleh hasil koefisien korelasi Kendal tau 0,733, dan dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 harga p = 0,000 < 0,005, basil. Dengan demikian hipotesis diterima. Berarti terdapat hubungan yang signift'<an antara Penerimwm Diri dengan Kemampuan Penyesuaian Sosial pada Remaja Tunadaksa. Unruk mengeneralisasikan diperoleh hasil uji Z sebesar 5,817 > dari Z tabel = 1,96. hasil uji Z menunjukkan tanda positif (+), Artinya Semakin tinggi penerimaan diri maka diikuti dengan semakin tinggi pula kemampuan penyesuaian sosial pada remaja tunadaksa, dan sebaliknya jika koefisien korelasinya negatif (-) maka Semakin tinggi penerimaan dirinya maka semakin rendah pula kemampuan penyesuaian sosialnya. Bagi peneliti selanjutnya untuk mendapatkan basil yang maksimal diharapkan meningkatkan kualitas dan kuantitas dengan memperhatikan variabel lain yang dapat mempengaruhi penerimaan diri dengan menggunakan faktor­ faktor lain yang mc.mungk'nkhn, diantaranya adalah faktor kematangan emosi, pola tingkah laku di rum; th, model untuk ditiru, bimbingan, clan keadaan lingkungan. Agar mengetahui lebih lanjut pennasalahan-pennasalahan yang dialami oleh remaja tunadaksa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Husni KusumaningUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Penyandang Cacat
Remaja
Uncontrolled Keywords: penerimaan diri; penyesuaian sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:28
Last Modified: 23 Aug 2017 04:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19817

Actions (login required)

View Item View Item