Islamisasi ilmu pengetahuan terhadap masyarakat modern: studi atas pemikiran Syed Muhammad Naquib Al Attas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wijayanti, Dwi Wahyu (2017) Islamisasi ilmu pengetahuan terhadap masyarakat modern: studi atas pemikiran Syed Muhammad Naquib Al Attas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (576kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Modernisasi adalah sebuah bentuk tranformasi dari kehidupan tradisional (pra-modern) menuju ke arah maju (modern) dengan harapan akan tercapainya kehidupan yang lebih baik. Selain menjadikan hidup yang maju, Modernisasi juga memberikan dampak yang luar biasa dalam berbagai bidang diantaranya, sosial, politik, agama (aqidah), ekonomi, pendidikan dsb. Dalam perkembangan zaman yang semakin maju dengan dorongan ilmu pengetahuan yang menjadi Tuhan bagi masyarakat sekuler, dapat menyebabkan tersisihkan agama dalam kehidupan masyarakat. Persoalan ini memberikan masalah baru bagi intelektual muslim. Maka dengan adanya problem tersebut Syed Muhammad Naquib Al-Attas memberikan gagasan yaitu islamisasi ilmu pengetahuan. Sehubungan dengan hal itu, maka penulis ingin mengkaji kembali tentang islamisasi ilmu pengetahuan terhadap masyarakat modern dalam suatu rumusan masalah: 1) Bagaimana konsep islamisasi ilmu pengetahuan menurut perspektif Syed Muhammad Naquib Al-Attas? 2) Bagaimana islamisasi ilmu pengetahuan terhadap Masyarakat modern menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas?. Penelitian ini bersifat deskriptif kulaitatif dengan analisis. Data yang digunakan adalah sumber dari data primer, sedangkan data kedua adalah sumber dari data sekunder dan data-data yang memiliki keterkaitan dengan judul skripsi. Dari hasil penelitian yang terungkap pada analisa dalam islamisasi ilmu pengetahuan pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas adalah sebuah proses pembebasan manusia dari sekularisme dengan cara memposisikan pendidikan terlebih pada akhlak sebagai kunci pertama dalam menciptakan ilmu pengetahuan yang berbasis Islam.

Kata Kunci: Islamisasi Ilmu Pengetahuan, Modern, Syed Muhammad Naquib Al- Attas

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wijayanti, Dwi WahyuDwiwahyuwijayanti.dww@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Islamisasi ilmu pengetahuan; modern; Syed Muhammad Naquib Al Attas
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Pemikiran Islam
Depositing User: Wijayanti Dwi Wahyu
Date Deposited: 25 Aug 2017 08:16
Last Modified: 25 Aug 2017 08:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19808

Actions (login required)

View Item View Item