Transformasi sosial studi kasus perempuan urban bercadar persepektif perubahan eksistensialisme Søren Kierkegaard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Dinda Khuriyyatul (2017) Transformasi sosial studi kasus perempuan urban bercadar persepektif perubahan eksistensialisme Søren Kierkegaard. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Khuriyyatul Jannah_E01212017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Transformasi Sosial Studi Kasus Perempuan Urban Bercadar Perspektif Perubahan Eksistensialisme Søren Kierkegaard”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari perempuan urban bercadar yaitu selaku orang yang diamati dengan menggunakan pendekatan eksistnsialisme Kierkegaard. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan selama proses penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan urban bercadar mengalami dua transformasi, di antaranya: transformasi eksistensi diri perempuan urban bercadar itu sendiri dan transformasi sosial perempuan urban bercadar. Kedua transformasi tersebut dianalisis menggunakan pendekatan perubahan Eksistensialisme Søren Kierkegaard melalui tahap-tahap eksistensinya, yaitu: Tahap Estetis, Tahap Etis dan Tahap Religius. Ketiga tahapan tersebut berkesinambungan dengan perubahan yang dialami oleh perempuan urban bercadar baik perubahan dalam dirinya yang dimulai dari kesenangan akan hal duniawi sampai ia sadar dan mengakui dosa, serta memilih untuk berserah diri dan kembali kepada Allah Swt. begitu pula dalam perubahannya di masyarakat dimulai saat ia dapat berbaur dengan kehidupan sosialnya, sampai ia memilih untuk menutup diri dengan tujuan menghindari diri dari hal-hal yang tidak ia inginkan. Transformasi tersebut menimbulkan dampak positif dan negatif bagi perempuan urban bercadar, dengan ini secara otomatis muncul transformasi sosial, yaitu perubahan sikap sosial masyarakat baik mengenai pandangan, penilaian, bahkan tingkah laku masyarakat terhadap keadaan perempuan bercadar khususnya di daerah urban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Dinda Khuriyyatuldindajannah57@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Jilbab
Uncontrolled Keywords: transformasi sosial; perempuan bercadar; eksistensialisme Søren Kierkegaard
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Agama
Depositing User: Jannah Dinda Khuriyyatul
Date Deposited: 22 Aug 2017 08:46
Last Modified: 26 Feb 2019 03:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19806

Actions (login required)

View Item View Item