Efektivitas media cerita bergambar terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa

Fahyuni, Eni Fariyatul (2011) Efektivitas media cerita bergambar terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (538kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (120kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (912kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media cerita bergambar terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa. Variabel bebas adalah media cerita bergambar, variabel terikat adalah kemampuan membaca siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah control time series design. Dalam desain ini kelompok yang digunakan dalam penelitian tidak dipilih secara random. Sebelum diberi perlakuan masing-masing kelompok diberi pre-test dengan maksud untuk mengetahui kstabilan dan kejelasan keadaan kelompok kontrol mauptm kelompok eksperimen sebelum diberi perlakuan. Setelah kstabilan keadaan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diketahui, maka barn diberikan treatment. Populasi dala penelitian ini adalah siswa kelas I di MI Nurul Huda Kabupaten Sidoarjo tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 20 siswa. Masing-masing 10 siswa kelompok kontrol dan I 0 siswa kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan check Jist kemampuan membaca secara lisan dan tulisan sesuai dengan indikator kemampuan membaca siswa. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik non-parametrik, yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Ranking Bertanda Wilcoxon) dengan bantuan SPSS release 11,5. Dari basil analisis data dapat diperoleh probabilitas nilai dari Zmtung adalah -3,000 dan nilai signifikansi 0,003 pada taraf signifikansi (n) 5%, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis statistik diatas yang menyatakan ada perbedaan kemampuan membaca antara siswa kelompok eksperimen yang diberikan media cerita bergambar dengan siswa kelompok kontrol yang diberikan media konvensional, terbukti diterima. Hal ini karena dari 10 siswa kelompok eksperimen yang dibandingkan, terdapat 10 (keseluruhan) siswa kelompok eksperimen kemampuan membacanya lebih tinggi dibandingkan kemampuan membaca siswa kelompok kontrol. Sehingga hipotesis penelitian yang menyatakan media cerita bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa terbukti kebenarannya. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata siswa kelompok eksperimen yang memiliki kemampuan membaca lebih tinggi dibandingkan kemampuan membaca pada siswa kelompok kontrol.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muhid, Abdul
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca; media cerita bergambar
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Minat Baca
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2017 07:23
Last Modified: 23 Aug 2017 03:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19800

Actions (login required)

View Item View Item