تطوير أدوات التقويم الحقيقي على كتاب تعليم اللغة العربية :في ضوء منهج عام ۲۰۱۳ مستوى الأوّل الثانوي بحث تطويري بالتطبيق الصف العاشر بمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustien, Resi (2017) تطوير أدوات التقويم الحقيقي على كتاب تعليم اللغة العربية :في ضوء منهج عام ۲۰۱۳ مستوى الأوّل الثانوي بحث تطويري بالتطبيق الصف العاشر بمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari pemilihan judul ini berawal dari keingintahuan penulis bagaiman hasil analisis instrument penilaian autentik pada buku ajar bahasa Arab kurikulum 2013 semester satu Madrasah Aliyah, untuk itu penulis melakukan analisis butir latihan maharah qira’ah dan penulis juga mengembangkan latihan qira’ah atau instrument penilaian pembelajaran bahasa Arab yang sesuai dengan ketentuan pengembangan instrument penilaian autentik yang benar. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana tingkat validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesulitan butir soal latihan pada buku ajar bahasa Arab kurikulum 2013 semester satu kelas sepuluh Madrasah Aliyah sebelum dikembangkan?, instrument penilaian autentik seperti apa yang akan dikembangkan pada buku ajar bahasa Arab kurikulum 2013 semester satu kelas sepuluh Madrasah Aliyah?, bagaimana tingkat validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesulitan butir soal latihan pada buku ajar bahasa Arab kurikulum 2013 semester satu kelas sepuluh Madrasah Aliyah setelah dikembangkan?, dan bagaimana korelasi antara pengembangan latihan pada buku ajar bahasa Arab tersebut dengan kemampuan bahasa arab maharah qira’ah siswa kelas sepuluh Madrasah Aliyah?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif pada pengembangan buku ajar dan pendekatan kuantitatif pada analisis butir soal dan mencari korelasi pada dua variabel. Dan untuk mengetahui hasil dari rumusan masalah, penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Dengan menggunakan metode pengumpulan data tersebut diperoleh hasil bahwasanya terdapat peningkatan nilai antara sebelum dan sesudah pengembangan latihan diterapkan, hal ini dapat dilihat dari analisis butir soal latihan obyektif maharah qira’ah dengan nilai awal reliabilitas 0,847 dan 6 soal kurang baik, nilai analisis yang kedua, yaitu reliabilitas 0,927 dan 8 soal kurang baik dan nilai analisis yang kedua dengan reliabilitas 0,931 dan semua soal baik. Dan ada korelasi yang sangat signifikan antara pengembangan latihan pada buku ajar bahasa Arab dengan kemampuan bahasa arab maharah qira’ah siswa kelas sepuluh Madrasah Aliyah yaitu sebesar 0,961.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustien, Resiresi_agustien@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: penilaian otentik; buku ajar bahasa arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: AGUSTIEN RESI
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:23
Last Modified: 21 Aug 2017 04:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19760

Actions (login required)

View Item View Item