Nilai Sufistik Dalam Surah Al-Fatihah : Kajian Kritis atas Tafsir al-Jilani Karya Shaikh ‘Abd al-Qadir al-Jilani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaini, Syarifah Muhammad (2017) Nilai Sufistik Dalam Surah Al-Fatihah : Kajian Kritis atas Tafsir al-Jilani Karya Shaikh ‘Abd al-Qadir al-Jilani. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (252kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (669kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan narasi penafsiran ‘Abd al-Qadir al-Jilani pada Surah al-Fatihah di kitab Tafsir al-Jilani yang dinisbatkan sebagai karyanya. Narasi tersebut kemudian dikaji untuk mendapatkan nilai-nilai sufistik yang ada di dalamnya dan bagaimana implikasinya terhadap praktik dan pemahaman tasawufnya. Penelitian ini perlu untuk dilakukan untuk menemukan gambaran pemikiran tasawuf ‘Abd al-Qadir al-Jilani yang selama ini masih belum banyak diteliti. Surah al-Fatihah yang dianggap “representasi” dari kandungan al-Qur’an secara umum menjadi obyek yang diharapkan merepresentasikan pemikiran tasawuf ‘Abd al-Qadir al-Jilani secara global.
Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan obyek material pemikiran ‘Abd al-Qadir al-Jilani tentang nilai sufistik dalam penafsirannya terhadap Surah al-Fatihah di Kitab Tafsir al-Jilani. Penelitian ini menggunakan metode tahlily (analisis) dengan pendekatan tasawuf, Kitab Risalah al-Qushayriah karya Abu al-Qasim al-Qushayri dan Kashf al-Mahjub karya al-Hujwiri digunakan sebagai pisau analisisnya untuk mengidentifikasi nilai sufistik yang terdapat di dalam obyek penelitian.
Dari kajian penelitian yang sudah dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut: Nilai sufistik ‘Abd al-Qadir al-Jilani yang terkandung dalam penafsiran Surah al-Fatihah didasarkan pada penekanan makrifat (mengetahui dan mengenali tentang keberadaan Dhat Tuhan beserta proses penciptaan yang dikaitkan dengan Nama-nama dan Sifat-sifat-Nya) sehingga seseorang punya kesadaran untuk selalu mentauhidkan-Nya. Pemahaman tentang tauhid Dhat-Nya dan proses penciptaan dibagi dalam 2 proses yaitu Tanazzul (penurunan kualitas) dari Dhat, dan Taraqqi> (perjalanan naik) seorang hamba untuk kembala ke Penciptanya. Sedangkan tahapannya dibagi menjadi 3 tahap yakni Martabah al-Ahadiyyah (keEsaan), Martabah al-‘Adadiyyah (keberbilangan), dan Martabah al-‘Ubudiyyah (penghambaan). Jalan kesempurnaan bagi ‘Abd al-Qadir al-Jilani adalah dengan tidak memisahkan antara Shari’ah dan Hakikat, untuk menggapai Surga Dhat-Nya yaitu bermushahadah (bertatap-muka) dengan-Nya. Dalam menuju kesempurnaan itu seseorang harus menggapai fana’ (peniadaan diri), yang dimulai dengan proses ‘uzlah (menepi dan menjauh dari segala potensi yang bisa menjatuhkan dan menggagalkan proses suluk-nya). Fana’ yang beriringan dengan mukashafah (tersingkapnya tabir) adalah anugerah Tuhan yang mungkin bisa digapai dengan proses ‘ubudiyyah (menghambakan diri), ta’ammul dan tadabbur (perenungan mendalam), tawajjuh dan taqarrub (mendekatkan diri), senantiasa bersyukur pada Tuhan, sepenuhnya mencintai dan merindukan pertemuan dengan Tuhan, raja’ (berharap sepenuh hati) melalui do’a-do’a dan munajat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaini, Syarifah Muhammadiva.syarifah.za@@yn@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Nilai Sufistik; Surah al-Fatihah; Tafsir al-Jilani
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Zaini Syarifah Muhammad
Date Deposited: 18 Aug 2017 04:19
Last Modified: 18 Aug 2017 04:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19749

Actions (login required)

View Item View Item