KOMUNITAS SEPEDA : KAJIAN KONSTRUKSI GAYA HIDUP DAN SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mauludiyah, Isnaini (2014) KOMUNITAS SEPEDA : KAJIAN KONSTRUKSI GAYA HIDUP DAN SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Gaya hidup merupakan perilaku seseorang yang ditunjukkan dalam aktivitas, minat dan opini yang dimilikinya. Gaya hidup berkaitan dengan bagaimana seseorang membentuk image di mata orang lain dan seringkali muncul dikarenakan seseorang merasa butuh pengakuan dari lingkungan masyarakat. Banyaknya pemunculan gaya hidup pun memicu pembentukan suatu kelompok yang kemudian menguatkannya dengan solidaritas sosial. Solidaritas sosial sendiri merupakan suatu keadaan hubungan antara individu atau kelompok yang didasarkan pada perasaan moral dan kepercayaan yang diaanut bersama dan diperkuat oleh pengalaman emosional bersama. Dalam penelitian ini peneliti ingin memberikan gambaran tentang bagaimana konstruksi komunitas sepeda di Sidoarjo, serta bagaimana masyarakat Sidoarjo dalam mengkonstruksi gaya hidup dan solidaritas sosial.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan kerangka teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan Luckman. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Penentuan informan dengan menggunakan purposive dan pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara.
Dalam penelitian ini, dapat diketahui bahwa terdapat muncul kenyataan obyektif baru, Salah satu konstruksi komunitas sepeda di Sidoarjo adalah IPSS (Ikatan Pecinta Sepeda Sidoarjo), yaitu suatu komunitas sepeda yang dibentuk dan beranggotakan sekumpulan orang dari berbagai macam latar belakang yang berbeda, yang memiliki kesamaan hobi dan visi. Mereka sama-sama gemar bersepeda dan sama-sama menjadikan aktivitas bersepeda sebagai ajang berolahraga dan silaturrahmi. Kemudian Bahwasanya masyarakat Sidoarjo mengkonstruksi gaya hidup dan solidaritas sosial yakni, para pecinta sepeda mempunyai cita rasa gaya hidup pada dirinya yang ingin mereka ungkapkan. Kemudian mereka mengungkapkannya dalam bentuk komunitas, dalam hal ini komunitas sepeda IPSS. Hal ini kemudian membuat anggota masyarakat yang lain tertarik untuk mengikuti gaya hidup mereka dengan bergabung dalam komunitas tersebut. Di situlah terbentuk suatu solidaritas sosial dalam masyarakat Sidoarjo. Proses dialektika di atas (obyektivasi, internalisasi dan eksternalisasi) akan terjadi secara terus menerus dan tidak akan mencapai sempurna pada setiap individu yang hidup dalam dunia sosialnya dan akan menciptakan makna (stock of knowledge) atas proses dan tindakan yang dialami individu tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Shonhadji Sholeh
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mauludiyah, IsnainiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat Islam
Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Gaya hidup; Solidaritas Sosial; Komunitas Sepeda
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Feb 2015 09:14
Last Modified: 04 Feb 2015 09:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item