Persamaan fisika modern dengan metafisika dunia timur: studi atas pemikiran Fritjof Capra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ana, Nur (2011) Persamaan fisika modern dengan metafisika dunia timur: studi atas pemikiran Fritjof Capra. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Dalam mengungkapkan persamaan pandangan antara fisika modern dengan pandangan metafisika di negeri Timur, Capra mempergunakan teori-teori yang ada dalam fisika modern untuk kemudian dipertemukan, diselaraskan, dan dihubungkan dengan beberapa pandangan-pandangan dari metafisika di negeri Timur. Dari penyatuan pandangan antara fisika modern dengan metafisika di negeri Timur, Capra berhasil merumuskan sebuah pandangan spiritualnya sendiri. Bagaimanakah pandangan Capra tentang fisika modern dan metafisika negeri Timur? Konsep persamaan (kesejajaran) apa sajakah yang ditemukan oleh Capra? Skripsi ini membahas tentang pandangan Capra pada fisika klasik (yang menyebabkan munculnya fisika modern), fisika modern (yang melahirkan teori-teori yang dinamis), dan metafisika di negeri Timur (meliputi Hinduisme, Taoisme, dan Buddhisme). Selain itu juga menerangkan tentang konsep-konsep mistisisme modern yang telah ditemukan Capra melalui persamaan fenomena antara teori-teori yang ada dalam fisika modern dengan metafisika di negeri Timur dengan metode pengumpulan data dan menganalisisnya dengan tujuan untuk menemukan persamaan (keselarasan) diantara fisika dengan metafisika. Setelah mengkaji persamaan antara ilmu fisika modern dengan metafisika di negeri Timur. Seluruh hasil penelitian mengarah pada penyatuan objek penelitian dengan subjek (peneliti). Dan diketahui bahwa dalam karya ini Capra hanya mempertemukan gagasan antara fisika yang melingkupi hukum probabilitas, teori kuantum dan teori relativitas umum dengan metafisika yang diambilnya pada metafisika antara Hinduisme, Buddhisme, dan Taoisme yang mana Capra melihat banyak persamaan dengan tujuan menemukan makna yang mendalam dibalik teori dalam fisika modern.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ana, Nurjalanmenujutuhan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Uncontrolled Keywords: Fisika modern; metafisika dunia timur; Fritjof Capra
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Agama
Depositing User: Ana Nur
Date Deposited: 15 Aug 2017 07:21
Last Modified: 15 Aug 2017 07:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19648

Actions (login required)

View Item View Item