Implementasi sujud menurut ajaran Sapta Dharma di Sanggar Candi Busana Kelurahan Pakis Kecamatan Sawahan Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Angga Putera (2017) Implementasi sujud menurut ajaran Sapta Dharma di Sanggar Candi Busana Kelurahan Pakis Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (987kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (506kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (512kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (406kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Setiap manusia beragama harus meningkatkan keharmonisan hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa sebagai wujud penghambaan dan kepasrahan hidup seorang hamba kepada Tuhannya. Puncak ketundukan dan ibadah seorang beragama terjadi pada saat mereka melakukan sujud. bagaimana sujud tersebut menjadi manifestasi kepasrahan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut sebagai objek penelitian mengenai ajaran sujud Sapta Dharma. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana makna ritual dan peranan sujud warga Sapta Dharma serta bagaimana implementasi sujud warga Sapta Dharma dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Metode ini menghasilkan data deskriptif yang berupa perilaku dan ucapan yang dapat diamati dari objek penelitian. Objek penelitiannya yakni aktifitas sujud warga Sapta Dharma di Sanggar Candi Busana yang mencakup serangkaian proses sujud warga Sapta Dharma serta bagaimana nilai-nilai dalam ajaran sujud tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Peneliti juga mengadakan wawancara dengan Panuntun Sanggar dengan maksud mendapatkan keterangan apa saja nilai-nilai dalam ajaran sujud dan juga bagaiamana sebaiknya setiap warga Sapta Dharma mempraktikkan nilai-nilai tersebut dalam pola ucapan dan pola perilaku hidup sehari-hari. Hasil analisis dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa ajaran sujud Sapta Dharma memiliki kedudukan yang utama dalam memotivasi bagaimana hidup yang baik dan menjadi tolak ukur kualitas kehidupan beragama bagi warga Sapta Dharma. Nilai-nilai dalam sujud Sapta Dharma mengajarkan seorang warganya untuk dapat menyucikan diri dari segala macam penyakit hati dan tindakan buruk, karena sewaktu sujud tersebut seorang hamba berhubungan langsung dengan Tuhannya. Maka dari itu dalam setiap perilaku dan ucapan hidup harus selalu baik agar hubungan dengan Tuhan sewaktu sujud dapat berjalan dengan maksimal serta pesan ilahiyah juga dapat diterima dengan kejernihan hati dan perilaku hidup baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Angga Puterapratamaangga57@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aliran Kebatinan
Keywords: Sujud; perilaku; implementasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Pratama Angga Putera
Date Deposited: 12 Jan 2018 03:38
Last Modified: 12 Jan 2018 03:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19636

Actions (login required)

View Item View Item