Strategi peningkatan kualitas jasa Masjid Al Wahyu Wisma Menanggal Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Parasatia Desinta, Erma (2017) Strategi peningkatan kualitas jasa Masjid Al Wahyu Wisma Menanggal Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (847kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (362kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (378kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (690kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (552kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (522kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (538kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (379kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Peningkatan jumlah jama’ah masjid dan respon kepuasan menunjukkan adanya kesuksesan suatu lembaga masjid dalam melakukan pembinaan terhadap jama’ah masjidnya. Adanya indikasi kualitas jasa yang sesuai dengan karakter jama’ah juga menjadi sebab ramainya masjid dipenuhi oleh jama’ah loyal. Saat ini banyak sekali problem masjid berdiri megah dan besar dengan berbagai fitur didalamnya telah berdiri di Indonesia pada kenyataannya tidak makmur atau tidak dipenuhi oleh jama’ah karena tidak memiliki kualitas jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan jama’ah. Namun ada fakta berbeda dari penemuan penulis dimana ada masjid kecil yang bernama Masjid Al Wahyu di Surabaya yang jumlah jama’ahnya meningkat drastis dari sekitar 50 jama’ah shalat menjadi 200 jama’ah aktif mengikuti shalat berjama’ah. Adanya indikasi usaha peningkatan kualitas jasa di Masjid Al Wahyu melatarbelakangi rumusan penelitian ini yakni “Bagaimana strategi peningkatan kualitas jasa di Masjid Al Wahyu Wisma Menanggal Surabaya?”. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan strategi peningkatan kualitas jasa di Masjid Al Wahyu Wisma Menanggal Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan datanya dengan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan informan kunci yakni ketua bidang ketakmiran dan pegawai kesekretariatan yang memahami segala proses layanan masjid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengurus Masjid Al Wahyu menerapkan 4 jenis strategi service quality. Pertama, strategi pemetaan pelanggan dengan sistem keluhan dan saran. Kedua, strategi penyusunan standart kualitas da’i, muadzin, keamanan, dan kelengkapan sarana ibadah. Ketiga, strategi kontrol pelaksanaan layanan berbasis laporan rutin. Keempat, strategi sosialisasi layanan dengan berbagai media.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Parasatia Desinta, Ermaermastruggle768@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Uncontrolled Keywords: Strategi peningkatan kualitas jasa (service quality); Masjid Al Wahyu Surabaya
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Erma Parasatia Desinta
Date Deposited: 15 Aug 2017 07:10
Last Modified: 15 Aug 2017 07:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19633

Actions (login required)

View Item View Item