Konversi agama dari Kristen ke Islam: studi kasus mualaf Yunior Kesia Pratama di Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suhardini, Yuni Ma'rufah (2017) Konversi agama dari Kristen ke Islam: studi kasus mualaf Yunior Kesia Pratama di Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuni Ma'rufah Suhardini_E82213066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Konversi Agama Dari Kristen ke Islam (Studi Kasus Mualaf Yunior Kesia Pratama Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga persoalan, yaitu: Pertama, bagaimana Yunior Kesia Pratama tertarik dengan Islam sehingga melakukan konversi agama. Kedua, bagaimana bentuk-bentuk dukungan keluarga terkait dengan konversi agama dari kristen ke islam. Ketiga, bagaimana keberlanjutan kehidupan keagamaan mualaf Yunior Kesia Pratama. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu penelitian ini menggambarkan atau melukiskan suatu kenyataan sesuai yang dialami oleh pelaku konversi agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi agama, pengolahan datanya secara kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Hal tersebut berdasarkan pada alasan, bahwa peneliti diarahkan untuk mendeskripsikan data-data yang terdapat pada lapangan. Metode ini menjadi langkah awal bagi penyusun untuk melihat, mengamati, dan menyelidiki fakta-fakta empiris yang terjadi, setelah penyusun melakukan wawancara dengan Yunior Kesia Pratama, Keluarga, Guru di masa sekolah, teman-teman dekat, dan Ustadz yang membimbing masuk Islam serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menunjang data yang diperlukan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: beberapa perilaku konversi agama yang dilakukan oleh Yunior Kesia Pratama adalah pembentukan dan pemahaman tentang pelajaran-pelajaran Islam dan pendidikannya di sekolah serta merasakan kedamaian saat mendengar suara adzan yang dijustifikan sebagai hidayah Allah. Dukungan keluarga masih kontroversi belum sepenuhnya menerima penuh, tidak menjadi penghalang untuk tetap masuk Islam. Karena, keberlanjutan setelah masuk Islam mampu beradaptasi dengan lingkungan dan mengukukuhkan niatnya untuk tetap cinta terhadap Islam tanpa ada rasa penyesalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suhardini, Yuni Ma'rufahyunimr38@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Agama
Islam
Kristen
Uncontrolled Keywords: konversi agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Suhardini Yuni Ma'rufah
Date Deposited: 15 Aug 2017 03:47
Last Modified: 11 Mar 2019 06:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19621

Actions (login required)

View Item View Item