Analisis Putusan Pengadilan Negeri Pinrang no. 02/pid. b/2016/pn. pin. tentang kelalaian berkendara yang mengakibatkan kematian di tinjau dari hukum positif dan hukum islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, Syaihol (2017) Analisis Putusan Pengadilan Negeri Pinrang no. 02/pid. b/2016/pn. pin. tentang kelalaian berkendara yang mengakibatkan kematian di tinjau dari hukum positif dan hukum islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (445kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (474kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (432kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisi Putusan Pengadilan Negeri Pinrang no. 02/pid. B/2016/pn. Pin. Tentang Kelalaian Berkendara Yang Mengakibatkan Kematian Di Tinjau Dari Hukum Positif Dan Hukum Islam” Skripsi ini merupakan penelitian untuk menjawab pertanyaan, 1) Bagaimana pertimbangan Hukum hakim terhadap Putusan Negeri Pinrang no. 02/pid. B/2016/pn. Pin ? 2) Bagaimana Pandangan Hukum Islam Terhadap Putusan Pengadilan Negeri Pinrang No. 02/pid. B/2016/pn. Pin ? Dengan adanya permasalahan di atas, maka penyusun mengkaji dan meneliti untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan metode penelitian Normatif kepustakaan (library research), teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi atau penelaahan terhadap buku, Undang-undang, catatan, dan laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang akan dipecahkan. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian menggunakan teknik deskriptif analisis verifikatif dengan pola pikir deduktif, yaitu dengan cara memaparkan data dengan jelas dalam hal ini data terkait dengan Surat Putusan Pengadilan Pinrang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hukuman dirasa terlalu rendah. Hal ini diambil berdasarkan unsur – unsur yang terdapat dalam kasus tersebut dan juga melihat fakta – fakta pesidangan. Selain korban meninggal dunia dalam kasus tersebut terdapat korban luka-luka berat dan kerusakan barang juga, Namun dalam surat dakwaan hanya tercantum Pasal 310 Ayat (4) sedang untuk luka-luka Ayat (2) dan (3) tidak dicantumkan. Dalam hukum Islam sanksi terhadap pengendara bermotor karena kealpaannya menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan mengakibatkan orang lain meninggal dunia termasuk dalam pembunuhan karena kesalahan dihukum dengan diyat dengan syarat telah mendapatkan pemaafan dari keluarga korban. Semoga masyarakat bisa lebih mengerti dan mematuhi UU. No. 22 tahun 2009 dan hakim juga diharapkan bisa mengkaji kembali mengenai pemberian hukuman yang tinggi apakah bisa lebih memberikan efek jera atau lebih menjamin efek jera kepada pelaku tindak pidana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, Syaiholsyaihol@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Umam Syaihol
Date Deposited: 14 Aug 2017 08:52
Last Modified: 14 Aug 2017 08:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19593

Actions (login required)

View Item View Item