Peningkatan keterampilan berbicara materi afrad al-usrah pada mata pelajaran bahasa arab dengan menggunakan strategi qurat al-kalam siswa kelas IVB MI Tarbiyatut Tholabah Lamongan

Aniqe, Yuni Siskah (2017) Peningkatan keterampilan berbicara materi afrad al-usrah pada mata pelajaran bahasa arab dengan menggunakan strategi qurat al-kalam siswa kelas IVB MI Tarbiyatut Tholabah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (665kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (483kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB)

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Arab termasuk mata pelajaran yang diikuti oleh seluruh siswa di Indonesia terutama yang beragama islam, termasuk siswa MI Tarbiyatut Tholabah Lamongan. Bahasa Arab merupakan bahasa asing yang mana alat yang digunakan untuk berkomunikasi berbentuk huruf hijaiyah. Akan tetapi hasil observasi peneliti di kelas IVB MI Tarbiyatut Tholabah Lamongan menunjukkan bahwa dari 34 siswa, hanya 15% siswa yang keterampilan berbicaranya sudah baik, dan selebihnya belum terlihat keterampilan berbicaranya. Hal ini disebabkan karena kurangnya variasi strategi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara tersebut, peneliti terdorong untuk melakukan perbaikan pengajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi Qurat Al-Kalam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi qurat al-kalam dalam materi afrad al-usrah mata pelajaran bahasa Arab pada siswa kelas IV B MI Tarbiyatut Tholabah Lamongan, 2) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara dalam materi afrad al-usrah mata pelajaran bahasa Arab melalui strategi qurat al-kalam pada siswa kelas IV B MI Tarbiyatut Tholabah Lamongan.Peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam PTK ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan model penelitian dari teory Kurt Lewin, yang mana dalam satu siklus terdapat empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperlukan pada penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas 4B MI Al-Asyhar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.Hasil penelitian dalam penerapan strategi Qurat Al-Kalam. diperolah hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 87,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75% dengan kriteria baik sekali. Adapun hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 70,8%, pada siklus II meningkat menjadi 87,5% dengan kriteria baik, dan rata-rata klasikal pada siklus I adalah 71,4 meningkat menjadi 80,1 dengan kriteria tuntas sesuai dengan target yang ditentukan yakni 75, serta prosentasi ketuntasan keterampilan berbicara bahasa Arab pada siklus I 52% meningkat menjadi 79,4% pada siklus II dengan kriteria tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Taufik, Taufik
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: aniqe Siskah Yuni
Date Deposited: 14 Aug 2017 08:26
Last Modified: 14 Aug 2017 08:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19580

Actions (login required)

View Item View Item