Implementasi pengambilan keputusan berbasis Education Management Information System (EMIS) di seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istianah, Istianah (2017) Implementasi pengambilan keputusan berbasis Education Management Information System (EMIS) di seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Istianah_D03213015.pdf

Download (848kB)

Abstract

Education Management Information System (EMIS) merupakan sistem informasi manajemen pendidikan yang memuat segala data dan informasi madrasah dalam segala aspek baik dari lembaga, siswa, pendidik dan tenaga kependidikan selain itu EMIS digunakan untuk mengatur data dan informasi dalam jumlah besar yang dapat dibaca, diambil kembali, diproses, dianalisis, disajikan dan disebarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pengambilan keputusan berbasis EMIS di seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Surabaya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi pengambilan keputusan berbasis EMIS di seksi Pendma Kementerian Agama Kota Surabaya? Dan Bagaimana kelebihan dan kekurangan seksi Pendidikan Madrasah dalam pengambilan keputusan berbasis EMIS?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diteliti dalam penelitian ini melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EMIS sebagai basis pangkalan data pendidikan untuk pengambilan keputusan telah mampu digunakan secara maksimal meski masih ada data yang belum tercover di dalamnya. Data EMIS digunakan sebagai acuan data dalam perencanaan maupun pengambil keputusannya karena EMIS merupakan pangkalan data madrasah dan merupakan salah satu regulasi dalam pengambilan keputusan di Seksi Pendidikan Madrasah Kota Surabaya. Kelebihan EMIS yaitu dalam mendapatkan data dan menyebarkan informasi prosesnya lebih cepat. Sedangkan kekurangannya yaitu penggunaan EMIS dapat dimanipulasi atau direkayasa. Dan penggunaan EMIS harus memiliki koneksi dengan internet.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istianah, Istianahistianahemha@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Perkantoran
Manajemen Informasi
Uncontrolled Keywords: Pengambilan Keputusan; Education Manajemen Information System; EMIS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Istianah Istianah
Date Deposited: 14 Aug 2017 06:29
Last Modified: 12 Mar 2019 07:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19551

Actions (login required)

View Item View Item