Optimisme hidup sehat pada wanita penderita kanker payudara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuningtyas, Erisa (2017) Optimisme hidup sehat pada wanita penderita kanker payudara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (745kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (957kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (732kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran optimisme hidup sehat pada wanita penderita kanker payudara, serta mengetahui proses optimisme hidup sehat pada wanita penderita kanker payudara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara yang dilakukan subjek dan significant other dan didukung oleh dokumentasi. Subjek penelitian yaitu 2 orang wanita penderita kanker payudara, masing-masing berumur 35 tahun dan 40 tahun. Hasil penelitian menunjukkan gambaran perilaku optimisme hidup sehat yang dimiliki kedua subjek yakni memiliki ciri-ciri mampu mencari pemecahan sebagian permasalahan, memungkinkan terjadinya pembaharuan secara teratur, menghentikan pemikiran negatif, meningkatkan kekuatan apresiasi, menggunakan imajinasi untuk melatih sukses, selalu gembira meskipun sedang tidak bahagia, merasa yakin bahwa memiliki kemampuan yang hampir tidak terbatas untuk diukur, suka bertukar berita baik, membina cinta dalam kehidupan, dan menerima apa yang tidak bisa diubah. Kedua subjek memiliki 3 aspek gaya penjelasan optimisme yang sesuai dalam menanggapi peristiwa buruk, yakni temporer, spesifik, dan eksternal. Proses optimisme hidup sehat pada wanita penderita kanker payudara berlangsung dari awal kondisi subjek tidak mampu menemukan pemecahan masalah, hingga subjek mampu menemukan pemecahan masalah. Dari awal kondisi subjek berpikir negatif akan penyakit yang derita, hingga menjadi berpikir positif atas penyakit yang diderita. Dari kondisi awal tidak mampu menerima kenyataan menderita kanker payudara, menjadi mampu menerima kenyataan menderita kanker payudara. Terjadi perubahan pola pikir pesimisme menjadi optimisme pada subjek.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuningtyas, Erisahierisaw@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Psikologi
Uncontrolled Keywords: Optimisme hidup sehat; kanker payudara
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Wahyuningtyas Erisa
Date Deposited: 14 Aug 2017 07:33
Last Modified: 14 Aug 2017 07:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19550

Actions (login required)

View Item View Item