Peningkatan pemahaman pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana melalui strategi cerita berangkai siswa kelas V MI Hidayatussibyan Glugu Deket Lamongan tahun pelajaran 2016/2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadliroh, Uyunun (2017) Peningkatan pemahaman pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana melalui strategi cerita berangkai siswa kelas V MI Hidayatussibyan Glugu Deket Lamongan tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uyunun Nadliroh_D77213105.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA yang masih rendah. Dari 21 siswa terdapat 8 siswa (38,09%) dari 21 siswa kelas V MI Hidayatussibyan yang mendapatkan nilai di atas ketuntasan pemahaman yang telah ditentukan. Namun, 13 siswa (61,9%) belum paham dan masih mendapatkan nilai di bawah ketuntasan pemahaman. Untuk itu, peneliti menggunakan strategi cerita berangkai bertujuan untuk membantu anak dalam meningkatkan pemahaman. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui penggunaan strategi cerita berangkai pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V di MI Hidayatussibyan Glugu Deket Lamongan. 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dengan menggunakan strategi cerita berangkai pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V di MI Hidayatussibyan Glugu Deket Lamongan. Metode penelitian ini menggunakan metode PTK Kurt Lewin. Subjek penelitian ini terdiri dari 21 siswa kelas V. Tindakan ini menggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan penerapan strategi cerita berangkai pada mata pelajaran IPA ini terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil pengamatan aktivitas guru dan hasil pengamatan aktivitas siswa. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I adalah 81,25 (baik) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 90,6 (sangat baik). Sedangkan hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I adalah 76,6 (cukup) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 90 (sangat baik). Pada siklus I nilai rata-rata pemahaman adalah 79,04 (baik) dengan prosentase ketuntasan pemahaman 76,19% (cukup) kemudian meningkat pada siklus II nilai rata-rata pemahaman siswa adalah 83,8 (sangat baik) dengan prosentase ketuntasan pemahaman 95,23% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadliroh, UyununUyunun07@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Belajar
Motivasi Belajar
Minat Siswa
Keywords: penelitian tindakan kelas (PTK); strategi cerita berangkai
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadliroh Uyunun
Date Deposited: 14 Aug 2017 07:27
Last Modified: 04 Mar 2019 08:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19547

Actions (login required)

View Item View Item