Penggunaan strategi reading aloud untuk meningkatkan kemampuan memahami isi cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI Maarif Pagerwojo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maisyaroh, Luluk (2017) Penggunaan strategi reading aloud untuk meningkatkan kemampuan memahami isi cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI Maarif Pagerwojo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (400kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (932kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pemahaman isi cerita siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang masih rendah. Pada kegiatan prasiklus menunjukkan dari 37 siswa terdapat hanya 4 siswa yang mendapatkan nilai yang baik dalam hal pemahaman isi cerita dengan prosentase ketuntasan pemahaman 10,81%. Maka dari itu, dalam penelitian ini peneliti menggunakan strategi Reading Aloud untuk meningkatkan pemahaman isi cerita siswa kelas IV MI Maarif Pagerwojo Sidoarjo. Rumusan masalah: 1) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa terhadap isi sebuah cerita dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan strategi Reading Aloud? 2) Bagaimana penerapan strategi Reading Aloud untuk meningkatkan pemahaman isi cerita pada siswa kelas IV C MI Maarif Pagerwojo Sidoarjo?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1) peningkatan pemahaman siswa terhadap isi sebuah cerita dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan strategi Reading Aloud. 2) Mengetahui penerapan strategi Reading Aloud untuk meningkatkan pemahaman isi cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV C MI Pagerwojo Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan metode PTK Kurt Lewin. Subjek penelitian ini terdiri dari 37 siswa kelas IV C. Tindakan ini menggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi Reading Aloud pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui 2 siklus. Hasil observasi siswa pada siklus 1 masih dalam kategori cukup yakni dengan nilai 71,29 (cukup), meskipun hasil observasi guru pada siklus 1 sudah baik dengan nilai 78,67 (baik). Pada siklus 2, hasil observasi siswa meningkat dengan nilai 93 (sangat baik) dan hasil observasi guru meningkat nilai 96,09 (sangat baik). Pada siklus 1 nilai rata-rata pemahaman adalah 67,4 (baik) dengan prosentase ketuntasan pemahaman 43,24% (kurang), karena pada siklus 1 belum mencapai indikator ketuntasan pemahaman. Pada siklus 2 nilai rata-rata pemahaman siswa adalah 84,62 (sangat baik) dengan prosentase ketuntasan pemahaman adalah 91,89% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maisyaroh, Luluklulukmaisyaroh19@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan kelas (PTK); strategi reading alaoud
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maisyaroh Luluk
Date Deposited: 14 Aug 2017 07:11
Last Modified: 14 Aug 2017 07:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19545

Actions (login required)

View Item View Item