Studi dampak musik religi bagi masyarakat Desa Ketegan Tanggulangin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widari, Devi Anindya (2017) Studi dampak musik religi bagi masyarakat Desa Ketegan Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (717kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (492kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (657kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (431kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (505kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil Penelitian yang berjudul “Studi Dampak Musik Religi Terhadap Praktik Keaagamaan Masyarakat Desa Ketegan” merupakan penelitian lapangan. Musik religi dalam penelitian ini menjadi fenomena masyarakat dan telah masuk dalam sendi-sendi kehidupan keagamaannya. Untuk itu penelitian ini menjelaskan permasalahan tentang asal mula musik religi dalam perspektif Islam, dampak musik religi terhadap praktik keagamaan masyarakat desa Ketegan, serta pandangan musik religi bagi masyarakat. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hal tersebut berdasarkan pada alasan, bahwa peneliti ini lebih diarahkan untuk mendeskripsikan data-data yang terdapat pada lapangan sehingga dalam pengolahan data menggunakan analisis yang berdasarkan data dari konsep-konsep yang diperoleh dari subjek yang diteliti. Dengan metode pengumpulan data antara lain: observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menunjang data yang diperlukan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Musik religi dalam perspektif Islam berawal dari sastra Arab praIslam, yang diadopsi menjadi musik religi. Namun hal ini diperbolehkan oleh Nabi dengan tujuan religius seperti lagu-lagu penyemangat perang. Dari hal ini menjadi awal perkembangan musik religi di daerah-daerah penyebaran Islam lainnya mengikuti kesenian lokal yang ada. Kedua, Musik religi memberikan stimulus (rangsangan) terhadap pendengarnya, pesan musik religi yang dapat membangkitkan motivasi memiliki dampak subyektif bagi masyarakat seperti ketenangan, membuat masyarakat lebih semangat dalam bekerja, menjalankan kegiatan sosialnya seperti: upacara peringatan HUT RI. Ketiga, Pandangan masyarakat terhadap musik religi merupakan hiburan, pelajaran karena syairnya mnceritakan hikmah kehidupan, ajakan untuk mentaati perintah-Nya dan ajaran kebaikan lainnya. Juga warisan dari pendahulu yang harus dijaga untuk menunjang budaya Islam agar tidak luntur seiring perkembangan zaman. Penelitian ini menunjukkan bahwa musik religi tetap eksis keberadaannya dalam masyarakat. Meskipun kandungan syairnya tetap seperti sholawat pada umumnya, tapi irama dan nadanya dapat diubah mengikuti perkembangan zaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widari, Devi Anindyadevianindya651@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Musik
Keywords: Musik Religi; Praktik Keagamaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Widari Devi Anindya
Date Deposited: 14 Aug 2017 08:09
Last Modified: 14 Aug 2017 08:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19543

Actions (login required)

View Item View Item