Islam dan budaya lokal: studi tentang upacara Manganan di Desa Jati Kecamatan Soko Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arista Ovi, Dian (2017) Islam dan budaya lokal: studi tentang upacara Manganan di Desa Jati Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover .pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (321kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (366kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yag berjudul “Islam dan Budaya Lokal (Studi Tentang Upacara Manganan di Desa Jati Kecamatan Soko Kabupaten Tuban)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua persoalan, yaitu : Pertama Bagaimana pelaksanaan upacara manganan di desa Jati Kecamatan Soko Kabupaten Tuban, yang Kedua Bagaimana makna upacara manganan bagi masyarakat di desa Jati Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi agama. Pengolahan datanya secara kualitatif yang bersifat deskriptif. yaitu penelitian yang menggunakan metode observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Kedua metode ini menjadi langkah awal bagi penyusun untuk melihat, mengamati, dan menyelidiki fakta-fakta empiris yang terjadi, setelah penyusun melakukan wawancara dengan Kepala Desa, masyarakat sekitar dan juga tokoh agama yang melakukan uapacara manganan. Peneliti berusaha mengungkapkan suatu fenomena atau objek yang terjadi secara terus menerus tanpa memberikan suatu pembenahan pada objek yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Melakukan upacara manganan di lakukan tanpa adanya paksaan dari orang lain, karena makna dari upacara manganan bagi masyarakat di desa Jati Kecamatan Soko Kabupaten Tuban ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rizki melalui tanaman yang ditanam oleh masyarakat dengan cara mengimplementasikan melalui upacara manganan ini. Masyarakat Jati perlu memelihara alam sekitarnya karena pada dasarnya masyarakat itu sendiri mempunyai ketergantugan dengan alam sekitar. Upacara manganan ini dilakukan karena mereka percaya bahwa melakukan upacara manganan setiap tahunnya agar hasil panen yang lebih baik lagi dan juga memintakan selamat bagi sawah dan ladang agar hasilnya melimpah.

Kata Kunci : Islam, Tradisi Lokal, Manganan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arista Ovi, Dianpuspaamelia746@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam
Kebudayaan Jawa
Budaya
Uncontrolled Keywords: Islam; tradisi lokal; upacara Manganan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Arista Dian Ovi
Date Deposited: 14 Aug 2017 08:35
Last Modified: 14 Aug 2017 08:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19540

Actions (login required)

View Item View Item