Penerapan strategi daftar terfokus untuk meningkatkan pemahaman materi indahnya kalimat thayyibah assalamu'alaikum pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas IV MI Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufarohah, Imro'atul (2017) Penerapan strategi daftar terfokus untuk meningkatkan pemahaman materi indahnya kalimat thayyibah assalamu'alaikum pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas IV MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imro'atul Mufarohah_D97213112.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi Indahnya Kalimat Thayyibah Assalamu’alaikum pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Pemahaman yang rendah memberikan dampak pada nilai hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM yang telah ditentukan, yaitu 75. Hal ini disebabkan karena siswa kurang berkonsentrasi ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Untuk itu, peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui strategi daftar terfokus. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan strategi daftar terfokus dalam meningkatkan pemahaman materi Indahnya Kalimat Thayyibah Assalamu’alaikum pelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas IV MI Badrussalam Surabaya. (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi Indahnya Kalimat Thayyibah Assalamu’alaikum pelajaran Aqidah Akhlak melalui strategi daftar terfokus pada siswa kelas IV MI Badrussalam Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bentuk kolaboratif. PTK ini menggunakan model Kurt Lewin. Dalam pelaksanaannya, PTK ini dalam siklusnya dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, tes pemahaman, dan dokumentasi. Penerapan strategi daftar terfokus dalam meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Indahnya Kalimat Thayyibah Assalamu’alaikum dari siklus I ke siklus berikutnya berjalan sangat baik dengan langkah-langkah sebagai berikut: guru menjelaskan materi pelajaran, siswa dibentuk secara berpasangan, guru menuliskan beberapa kata yang berhubungan dengan pemahaman konsep di papan tulis, guru meminta tiap pasangan berdiskusi memberikan uraian secara tertulis tentang apa yang telah mereka ingat atau pahami tentang konsep yang dituliskan oleh guru di papan tulis, tiap pasangan membacakan hasil diskusi, sementara pasangan lain menanggapi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dijelaskan bahwa dalam penerapan strategi daftar terfokus diperoleh hasil observasi aktifitas guru pada siklus I 94,11 meningkat menjadi 97,0 pada siklus II, dan dari hasil aktifitas siswa pada siklus I 80,8 meningkat menjadi 89,7 pada siklus II, 2) Terjadi peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Indahnya Kalimat Thayyibah Assalamu’alaikum setelah diberikan pembelajaran melalui strategi daftar terfokus. Hal ini dapat dilihat dari prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I 50% (kurang) meningkat menjadi 77,7% (cukup baik) pada siklus II, dari jumlah keseluruhan peserta didik yang tuntas memenuhi KKM 75.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufarohah, Imro'atulImroatul99@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: strategi daftar terfokus; pemahaman kalimat thayyibah Assalamu’alaikum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mufarohah Imro'atul
Date Deposited: 14 Aug 2017 04:46
Last Modified: 01 Mar 2019 08:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19539

Actions (login required)

View Item View Item