Penggunaan model Direct Instruction dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA materi perubahan pada makhluk hidup kelas III MI Perwanida Mojowarno Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisfiyah, Lailatun (2017) Penggunaan model Direct Instruction dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA materi perubahan pada makhluk hidup kelas III MI Perwanida Mojowarno Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (813kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (951kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang masih memberikan dominasi guru dan tidak memberikan akses bagi anak didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dan proses berpikirnya. Berdasarkan analisis penelitian Dimana Kurangnya minat siswa dalam mempelajari ilmu pengetahuan alam dan rendahnya hasil pemahaman siswa menjadi salah satu hambatan dalam proses belajar mengajar di kelas, hal tersebut disebabkan proses pembelajaran yang didominasi oleh pembelajaran tradisional dan kelas cenderung teacher-centered sehingga siswa menjadi pasif. Oleh karena itu perlu adanya model pengajaran yang tepat dan dapat mengatasi permasalahan siswa di dalam kelas tersebut.Salah satunya adalah dengan model pengajaran langsung (Direct Instruction). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan awal siswa kelas III MI Perwanida Mojowarno Jombang dalam memahami materi perubahan pada makhluk hidup. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada kelas III MI Mojowarno Jombang pada Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian sekripsi ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri atas siklus I dan siklus II. Pada setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Perwanida Mojowarno Jombang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 17 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Data tentang peningkatan hasil belajar siswa materi perubahan pada makhluk hidup diambil dengan mendemonstrasikan tentang penanaman biji kacang hijau pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa kelas III MI Mojowarno Jombang dalam menerapkan model Direct Instrction pada pembelajaran IPA materi perubahan pada makhluk hidup. Terbukti dari hasil observasi dapat dilihat pada siklus I observasi guru adalah 92 dan observasi siswa 93 sedangkan pada siklus II observasi guru adalah 93 dan observasi siswa 95 , kemudian meningkat pada prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 34,6% dengan rata-rata nilai kelas 69, sedangkan pada siklus II mencapai 84,6% dengan rata-rata nilai kelas 86. Dengan indkator 76% untuk ketuntasan hasil belajar dan 80 untuk nilaiu rata-rata nilai kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisfiyah, Lailatunlailatunnisfiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: direct instruction; hasil belajar; perubahan pada makhluk hidup
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisfiyah Lailatun
Date Deposited: 15 Aug 2017 02:26
Last Modified: 15 Aug 2017 02:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19534

Actions (login required)

View Item View Item