Peningkatan pemahaman mata pelajaran IPS materi masalah sosial di daerahnya melalui metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada siswa kelas IV MI Darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purwati, Rini (2017) Peningkatan pemahaman mata pelajaran IPS materi masalah sosial di daerahnya melalui metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada siswa kelas IV MI Darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dilakukan Penelitian ini karena adanya kesulitan yang dialami siswa kelas IV MI Darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo dalam mata pelajaran IPS. Dibuktikan dengan prosentase belajar siswa dikelas sebelumnya sebesar 45% siswa yang tuntas. Penyebabnya adalah mereka merasa bosan dengan proses belajar yang monoton dan tidak menggunakan metode pembalajaran yang bervariasi. Solusi dari permasalahan ini adalah peneliti menawarkan menggunakan metode CIRC untuk diterapkan kepada siswa.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran CIRC dalam meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran IPS materi masalah sosial di daerahnya pada siswa kelas IV MI Darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo, 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa mata pelajaran IPS materi masalah sosial di daerahnya pada siswa kelas IV MI darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo dengan menggunakan metode CIRC.
Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian kurt lewin yang terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darun Najah Kajeksan Tulangan Sidoarjo tahun pelajaran 2016-2017 dengan jumlah 25 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan penilaian tes tertulis.
Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) dalam penerapan metode CIRC terdapat peningkatan aktivitas guru dan juga siswa disetiap siklusnya, ini bisa dibuktikan untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai prosentase 81,81% (baik), sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai prosentase 89,58% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I mencapai prosentase 82,14% (baik), sedangkan pada siklus II mencapai prosentase 87,5% (sangat baik); 2) terdapat peningkatan pemahaman siswa pada setiap siklusnya. Terbukti dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 74 Pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88 dengan prosentase hasil belajar sebesar 60% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 84%, sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purwati, Rinirinipurwatii@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: metode cooperative integrated reading and composition
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Purwati Rini
Date Deposited: 14 Aug 2017 08:23
Last Modified: 14 Aug 2017 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19528

Actions (login required)

View Item View Item