Peningkatan pemahaman materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya mata pelajaran IPS melalui strategi the Power of Two di kelas V A MI Nurul Huda Leran Manyar Gresik

Khusnah, Fakihatul (2017) Peningkatan pemahaman materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya mata pelajaran IPS melalui strategi the Power of Two di kelas V A MI Nurul Huda Leran Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (880kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (445kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (495kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (746kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (199kB)

Abstract

Latar belakang dilakukanya penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di MI Nurul Huda Leran, Manyar-Gresik. Dibuktikan dari nilai rata-rata hasil tes pra siklus dari 24 siswa kelas VA 11 siswa yang tuntas dalam tes. Penyebabnya adalah siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas karena bosan dengan metode yang digunakan pengajar. Solusi yang peneliti gunakan untuk mengatasi masalah ini adalah menerapkan strategi The Power Of Two. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan strategi The Power Of Two dalam meningkatkan pemahaman materi keragaman suku bangsa dan budaya mata pelajaran IPS di kelas VA MI Nurul Huda Leran, Manyar-Gresik, 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi keragaman suku bangsa dan budaya pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan strategi The Power Of Two di kelas VA MI Nurul Huda Leran, Manyar-Gresik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan model Kurt Lewin. Subjek penelitian 24 siswa kelas VA MI Nurul Huda Leran, Manyar-Gresik tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis menggunakan butir soal uraian tes pemahaman siswa, observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan format panduan wawancara guru, serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapan Strategi The Power Of Two pada mata pelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya terhadap aktivitas pembelajaran di kelas VA MI Nurul Huda Leran, Manyar-Gresik tergolong amat baik. Skor aktivitas guru adalah 77,5 (cukup) pada siklus I naik menjadi 90 (amat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami kenaikan skor dari 65 (cukup) pada siklus I menjadi 87,5 (baik) pada siklus II. 2) Pemahaman siswa pada materi Keragaman suku bangsa dan budaya di kelas VA MI Nurul Huda Leran, Manyar-Gresik mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan ketika pra siklus mendapat nilai rata-rata kelas sebesar 67,3 (cukup) dan 76,04 (cukup) pada siklus I menjadi 86,25 (baik) pada siklus II. Persentase tingkat ketuntasan belajar sebesar 45,8% (sangat tidak baik) pada pra siklus, pada siklus I 70,83% (cukup), sedangkan pada siklus II 91,66% (amat baik) dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan. Kata Kunci: Pemahaman, Strategi Pembelajaran, The Power Of Two.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Musthofa, M. Bahri
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; strategi pembelajaran; the Power Of Two
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: khusnah fakihatul
Date Deposited: 14 Aug 2017 07:28
Last Modified: 14 Aug 2017 07:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19522

Actions (login required)

View Item View Item