Peningkatan pemahaman materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam pada mata pelajaran IPS metode PQ4R (preview, question, read, reflect, dan review) siswa kelas IV-b Mi Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Alieva Choirun (2017) Peningkatan pemahaman materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam pada mata pelajaran IPS metode PQ4R (preview, question, read, reflect, dan review) siswa kelas IV-b Mi Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (334kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (541kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan hasil kegiatan pembelajaran IPS pada materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam yang dilakukan guru pada kelas IV B MI-Roudlotul Banat bahwa tingkat pemahaman siswa berada pada level terendah yakni terjemahan. Dari 26 siswa, hanya 8 siswa yang tuntas. Guru belum bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan ketidaksesuaian metode pembelajaran yang digunakan, sehingga siswa ramai dan kelas menjadi tidak kondusif. Berdasarkan permasalahan tersebut, diharapkan dengan menggunakan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) dapat meningatkan kemampuan pemahaman siswa kelas IV-B MI-Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo dalam pembelajaran IPS materi aktivitas ekonomi dan Sumber Daya alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Penerapan Metode PQ4R dalam meningkatkan aktivitas ekonomi dan sumber daya alam pada mata pelajaran IPS di kelas IV B MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo, Peningkatan pemahaman materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam pada mata pelajaran IPS melalui melalui metode PQ4R di kelas IV B MI Roudlotul Banat Sepanjang, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang dalam setiap siklusnya terdiri dari empat langkah, yaitu planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode PQ4R merupakan kategori baik. Dalam proses pembelajaran dapat dilihat aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan. Aktivitas guru meningkat dari perolehan pada siklus I, 82,6% dan siklus II, 91,3%. Aktivitas siswa meningkat dari prosentase pada siklus I, 80,4% dan pada siklus II menjadi 90,4%. Ketuntasan belajar dalam peningkatan pemahaman siswa pada siklus I, 77% dengan rata-rata 79,4 sedangkan pada siklus II 92% dengan rata-rata 89,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode PQ4R mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas IV-B dalam mata pelajaran IPS di MI-Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Alieva Choirunalieva.niesa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Peningkatan pemahaman; IPS; metode pembelajaran PQ4R
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisa Alieva Choirun
Date Deposited: 14 Aug 2017 07:10
Last Modified: 14 Aug 2017 07:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19521

Actions (login required)

View Item View Item