Peningkatan kemampuan membilang banyak benda mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan melalui media benda konkret siswa kelas 1 MI Bahrul Ulum Bulu Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiana, Desy Putriarma (2017) Peningkatan kemampuan membilang banyak benda mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan melalui media benda konkret siswa kelas 1 MI Bahrul Ulum Bulu Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (699kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (409kB)

Abstract

Latar belakang penulisan ini rendahnya kemampuan membilang banyak benda pada mata pelajaran matematika. Guru sering menggunakan cara ceramah dan sangat jarang menggunakan media untuk membantu proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis mengambil pembelajaran dengan menggunakan media benda konkret pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui penerapan media benda konkret pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 MI Bahrul Ulum Kediri. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan membilang banyak benda melalui media benda konkret pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 MI Bahrul Ulum Kediri. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan, yaitu Perencanan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan media benda konkret dalam pembelajaran matematika pada membilang banyak benda materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 MI Bahrul Ulum Kediri berjalan dengan maksimal. Hal ini dapat dilihat pada skor akhir aktivitas guru meningkat dari 62,5 dengan kategori kurang baik pada siklus I menjadi 96,09 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Begitu pula pada aktivitas siswa meningkat dari skor 61,53 dengan kategori kurang baik pada siklus I menjadi 96,15 dengan kategori sangat baik pada siklus II. (2) Peningkatan kemampuan membilang banyak benda melalui media benda konkret meningkat dengan sangat baik. Hal ini terbukti pada pra siklus ketuntasan belajar siswa mencapai 30% dengan kategori tidak baik dan rata- rata mencapai 61,75. Pada siklus I mengalami peningkatan mencapai 60% dengan kategori cukup baik dan rata-rata mencapai 71,25. Terjadi peningkatan lagi pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 90% dengan kategori sangat baik dan rata-rata kelas mencapai 86,25.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiana, Desy Putriarmapisweetgirl3@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membilang Banyak Benda; Media Benda konkret; Penjumlahan dan Pengurangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ISTIANA DESY PUTRIARMA
Date Deposited: 14 Aug 2017 03:32
Last Modified: 14 Aug 2017 03:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19519

Actions (login required)

View Item View Item