Upaya meningkatkan kemampuan menjelaskan materi pesawat sederhana di kelas V MI Islamiyah Ujungpangkah Gresik melalui pemanfaatan alat peraga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'yun, Qurrotul (2017) Upaya meningkatkan kemampuan menjelaskan materi pesawat sederhana di kelas V MI Islamiyah Ujungpangkah Gresik melalui pemanfaatan alat peraga. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaranseorang guru hendaknya menggunakan beberapa konsep pendekatan yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa. dalam kesempatan ini, peneliti menggunakan pemanfaatan alat peraga yang digunakan sehari –hari dengan bentuk belajar demokrasi kelompok yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menjelaskan siswa. Sebab tidak sedikit siswa yang masih kesulitan dalam memahami materi pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga. Oleh karenaitu, pemanfaatan alat peraga diharapkan mampu meningkatkatkan pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar. Sehingga dalam proses belajar mengajar siswa lebih mudah dan tidak kesulitan dalam memahami materi yang diperagakan, alat peraga yang digunakanpun tidak lepas dari aktivitas sehari-hari sehingga memudahkan siswa belajar meskipun berada di luar sekolah. Adapun rumusan masalahnya dari penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana pemanfaatan alat peraga dalam konsep pesawat sederhana dikelas V MI Islamiyah Ujungpangkah. 2) Bagaimana meningkatkan kemampuan menjelaskan materi konsep pesawat sederhana dengan pemanfaat analat peraga di kelas V MI Islamiyah Ujungpangkah. Peneliti telah melakukan penelitian dengan menggunakan model PTK Kurt Lewin. Tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Dari hasil penelitian ini di temukan bahwa (1) Dengan menggunakan pemanfaatan alat peraga siswa lebih mudah dalam memahami materi yang sedang diajarkan, serta berdampak posistif dalam minat balajar sehingga timbul rasa ingin tahu pada diri siswa dalam mempelajari mata pelajaran IPA.(2)dalam memanfaatkan alat peraga siswa lebih antusias dalam mengemukakan pendapat atau bertanya dalam diskusi kelas dan mampu mengaplikasikanya dalam kegiatan pembelajar anmaupun diluar kegiatan pembelajaran. Melaksanakan proses pembelajaran dengan menerapkan alat peraga mempermudah dalam menyampaikan materi pembelajaran, karena pemafaatnya yang sederhana dan mudah. Peserta didikpun dapat merasa suka dan senang terhadap materi yang disampaikan oleh guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'yun, Qurrotulayunqurrotul000@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Materi; MI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: A'yun Qurrotul
Date Deposited: 14 Aug 2017 02:07
Last Modified: 14 Aug 2017 02:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19508

Actions (login required)

View Item View Item