Implementasi Program Penguatan Individu Kepala Sekolah (PPIKS) dalam meningkatkan kemampuan manajerial kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Keret Krembung Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hoiro, Nikmatul (2017) Implementasi Program Penguatan Individu Kepala Sekolah (PPIKS) dalam meningkatkan kemampuan manajerial kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Keret Krembung Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (822kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (119kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (586kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (455kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (618kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (269kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi program penguatan individu kepala sekolah (PPIKS) serta faktor pendukung maupun penghambat dan bagaimana dampak dari program tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penilitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam terhadap subyek. Program Penguatan Individu Kepala Sekolah (PPIKS) adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan secara individual untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah, melalui program pendampingan oleh pengawas sekolah. Program tersebut terdiri dari lima modul sesuai dengan permendiknas tentang standar kepala sekolah, yang harus memiliki kompetensi manajerial, supervisi akademik, kewirausahaan, usaha pengembangan sekolah dan kepemimpinan pembelajaran. Sekolah ini memilih modul manajerial. Modul manajerial berhubungan dengan Kemampuan manajerial kepala sekolah dalam upaya untuk mengelola sekolah dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada untuk diarahkan pada pencapaian tujuan sekolah yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi PPIKS dimulai dari proses sosialisasi terhadap kepala sekolah, guru beserta komite sekolah. Adapun faktor pendukung utama dari program ini adalah modul yang mudah dipelajari, sedangkan faktor penghambatnya adalah kesulitan dalam menjadwalkan kegiatan PPIKS. Program tersebut memberikan dampak positif bagi penigkatan kemampuan manajerial kepala sekolah di SDN Keret Krembung Sidoarjo. Adapun dampak dari adanya kegiatan PPIKS antara lain adalah: peningkatan kemampuan semua pihak yang terlibat dalam ppiks, peningkatan kinerja kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan, peningkatan mutu pendidikan di sekolah, sebagai dasar pelaksanaan monitoring dan evaluasi, penjaminan mutu dan peningkatan mutu program kegiatan PPIKS yang terencana, sistematis, dan terkendali, mempererat hubungan kerjasama antar pengawas, kepala sekolah, guru, dan stakeholder lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hoiro, Nikmatulmyqinz@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Program Penguatan Individu Kepala Sekolah (PPIKS); Manajerial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hoiro Nikmatul
Date Deposited: 14 Aug 2017 03:15
Last Modified: 14 Aug 2017 03:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19474

Actions (login required)

View Item View Item