Manajemen sumber daya manusia masjid: studi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi rekrutmen dan seleksi atas karyawan masjid Baitul Falah Ngagel Jaya Tengah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maarif, Usman (2017) Manajemen sumber daya manusia masjid: studi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi rekrutmen dan seleksi atas karyawan masjid Baitul Falah Ngagel Jaya Tengah Surabaya. PhD thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (496kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (463kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (606kB)
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh banyaknya organisasi dakwah, khususnya masjid yang relatif lemah dalam pengelolaan atau manajemen SDM. Banyak masjid yang secara manajemen SDM dikelola sekedarnya, termasuk dalam rekrutmen dan seleksi SDM. Padahal peran SDM bagi perkembangan organisasi sangat besar. Masjid Baitul Falah Surabaya adalah salah satu masjid di Surabaya memiliki manajemen rekrutmen dan seleksi karyawan yang berbasis kemampuan di bidangnya. Adanya karyawan sangat menentukan kesuksesan berjalannya program kegiatan masjid ini. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi rekrutmen dan seleksi atas karyawan Masjid Baitul Falah Ngagel Jaya Tengah Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi rekrutmen dan seleksi atas karyawan Masjid Baitul Falah Ngagel Jaya Tengah Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan pengurus masjid, observasi dan dokumentasi sebagai pendukung. Data yang diperoleh kemudian diklasifikasi dan dianalisa berdasarkan teori terkait. Hasil penelitian menunjukkan rekrutmen dan seleksi berjalan berdasarkan perencanaan yang dibahas pada rapat pengurus dan pelaksanaannya menjadi tanggung jawab koordinator bidang sebagaimana arahan dan motivasi dari manajemen masjid yaitu untuk mendapatkan karyawan yang berkemampuan sesuai dengan bidang pekerjaan yang dibutuhkan, berkepribadian baik dan berkemauan kuat untuk bekerja serta mengabdi di masjid Baitul Falah. Sebagai evaluasi, saat ini cara melalui referensi dinilai lebih efektif dan efisien daripada iklan lowongan lewat internet. Berikutnya, bisa dikembangkan pula cara mengumumkan lowongan melalui komunitas masjid lewat media sosial dan diperlukan perumusan tentang cara mengetahui kepribadian yang tidak sesuai dengan kriteria karyawan yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maarif, Usmanusmanmaarif2016@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Dirasah Islamiyah
Uncontrolled Keywords: Manajemen SDM masjid; rekrutmen; seleksi; perencanaan; pelaksanaan; evaluasi; karyawan
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: MAARIF USMAN
Date Deposited: 14 Aug 2017 01:33
Last Modified: 14 Aug 2017 01:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19438

Actions (login required)

View Item View Item