Evaluasi Program Literasi Perspektif Teori CIPP (context, input, process, product) di SMP Negeri 4 Surabaya.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Dita Annafiuta (2017) Evaluasi Program Literasi Perspektif Teori CIPP (context, input, process, product) di SMP Negeri 4 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (380kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang evaluasi program literasi perspektif teori cipp di SMP Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam terhadapsubyek. Evaluasi manajemen program literasi perspektif teori cipp di SMP Negeri 4 Surabaya ini meliputi evaluasi context, evaluasi input, evaluasi process, dan evaluasi product. Pada evaluasi context meliputi latar belakang program literasi serta dukungan sekolah terhadap program literasi. Di mana program literasi terbentuk dikarenakan agar para siswa terbiasa dengan kegiatan membaca dan menulis, dan sekolah sangat mendukung dengan adanya kegiatan literasi, mulai dari menyediakan fasilitas sampai mencarikan dana untuk kegiatan literasi. Pada evaluasi input meliputi minat membaca dan menulis siswa dalam mengikuti program literasi dan kelengkapan sarana prasaranya. Dalam mengikuti kegiatan literasi ini siswa bersemangat dikarenakan pihak sekolah memberikan sebuah rangsangan yang berupa hadiah bagi siswa yang rajin membaca dan untuk sarana prasarananya sendiri sekolah menyediakan taman baca dan rak buku akan tetapi ada beberapa yang kurang terawat dan sekolah kesulitan dalam menambah koleksi buku baru. Pad evaluasi process, kerangka berfikirnya dari fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Perencanaan di SMP Negeri 4 Surabaya untuk literasi mempunyai program jangka panjang dan jangka pendek di mana programnya berisi tentang sosialisasi program literasi ke kelas-kelas, rapat anggota duta literasi, dan lomba-lomba yang berkaitan dengan literasi. Untuk pengorganisasiannya sekolah mempunyai struktur organisasi untuk literasi yang dinamakan dengan duta literasi. Yang dimana anggota duta literasi ini adalah para siswa yang telah dipilih oleh sekolah dengan dibawah bimbingan dari guru dan tugasnya adalah mengontrol dan mengawasi pekerjaan drai teman-temannya juga membantu tugas di perpustakaan sekolah. Dalam pelaksanaanya sendiri sekolah melihat dari buku panduan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) jenjang SMP yaitu ada 3 tahap : pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Kegiatan yang dimulai dari membaca 15 menit sebelum pelajaran, meresume buku yang telah dibaca, menceritakan kembali ke depan kelas serta mengadakan lomba. Pengawasan yang dilakukan rutin diadakan satu minggu sekali yang bertujuan untuk mengevaluasi perseta didik dalam mengikuti program literasi tersebut. Dan terakhier evaluasi produk, hasil dari program literasi di SMP Negeri 4 Surabaya terlihat bahwa sebagian siswa mulai menyukai kegiatan membaca dan menulis karena sudah dibiasakan, siswa menjadi kreatif dan wawasan siswa juga bertambah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Dita Annafiutadita_annafiuta_sari@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Keywords: Evaluasi program literasi; teori cipp
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sari Dita Annafiuta
Date Deposited: 11 Aug 2017 07:26
Last Modified: 11 Aug 2017 07:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19427

Available Versions of this Item

  • Evaluasi Program Literasi Perspektif Teori CIPP (context, input, process, product) di SMP Negeri 4 Surabaya. (deposited 11 Aug 2017 07:26) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item