Komunikasi virtual pengguna game online "Township"

Anggraeni, Novatia (2017) Komunikasi virtual pengguna game online "Township". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novatia Anggraeni_B06213035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Game online merupakan salah satu gaya hidup yang baru. Bahkan Game Online dapat diunggah melalui smartphone. Salah satu game online yang dapat dimainkan oleh semua umur adalah Game Township. Dengan konsep membangun kota, bertani, berkebun, memproduksi produk di pabrik, hingga lomba berlayar, menjadikan game ini dapat membangun kreatifitas dan imajinasi bagi para penggunanya. Bukan hanya sekedar game, Township ini juga mempunyai perlombaan setiap minggunya, yakni perlombaan kapal layar atau biasa disebut “Regatta”.Adapun rumusan masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana proses komunikasi virtual pengguna game online “Township” yang terdapat pada anggota grup Co-op untuk dapat mencapai posisi tiga besar dalam Regatta.Pendekatan penelitian ini menggunakan Fenomenologi dan jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik pengamatan (observasi) dan wawancara. Teknik analisis datanya menggunakan tiga sub proses yang saling berhubungan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses komunikasi virtual yang ada pada Grup Co-op Nobleese berupa penyampaian pesan dari sebuah ide atau gagasan dari seseorang anggota yang diutarakan melalui chat room Township, kemudian ide tersebut diserap oleh anggota yang lain, sehingga timbullah berbagai feedback dan menyebabkan interaksi. Dalam artian, proses komunikasi tersebut memunculkan koordinasi antar anggota selama Regatta berlangsung. Koordinasi tersebut memunculkan proses komunikasi horizontal, simbiosis mutualisme, dan solusi dalam komunikasi virtual.Rekomendasi kepada Grup Co-op Nobleese tingkatkan interaksi di dalam grup mengenai trik kepada anggota yang lainnya. Serta tingkatkan pula kerjasama untuk mendapatkan posisi ketiga dalam Liga Emas.

Email: digilib@uinsby.ac.id
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hamidah, Lilik
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Virtual; Game Online; Township
Subjects: Internet
Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Anggraeni Novatia
Date Deposited: 11 Aug 2017 06:15
Last Modified: 27 Feb 2019 08:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19411

Actions (login required)

View Item View Item