Manajemen pemasaran agama: studi tentang strategi dakwah pengajian Bunda Muslimah Az-Zahra Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulianto,, Hendra Bagus (2017) Manajemen pemasaran agama: studi tentang strategi dakwah pengajian Bunda Muslimah Az-Zahra Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (614kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (339kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (330kB)

Abstract

Salah satu keunggulan dari pendekatan pemasaran sosial sebagai model dalam perubahan sosial adalah strategi yang dirumuskan didasarkan pada karkateritik dari segmen target. Dengan begitu tingkat penerimaan kelompok segmen target terhadap program sosial yang ditawarkan menjadi semakin tinggi. Demikian halnya dengan strategi dakwah. Dakwah adalah kegiatan yang berorientasi perubahan sosial, sedianya dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik obyek dakwahnya, terlebih lagi pada konteks masyarakat modern saat ini dengan karakter khasnya yang hedonistik dan narsistik.
Salah satu komunitas majelis ta’lim yang ada di Sidoarjo, Pengajian Bunda Muslimah Az-Zahra, dimana sebagian besar jamaahnya adalah wanita kelas sosial menengah ke atas telah mampu mengembangkan strategi dakwah yang tidak hanya dapat diterima oleh kelompok sosial kelas menengah ke atas. Oleh karenanya penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui strategi pemasaran agama yang dikembangkan az-zahra, sekaligus juga untuk mengetahui faktor penghambat, pendukung serta solusinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini adalah dengan karakteristik jamaah yang sebagian adalah wanita muslim kelas menengah ke atas, Az-Zahra mengembangkan strategi bauran pemasaran yang meliputi strategi produk, strategi saluran distribusi, strategi promosi dan penanaman nilai-nilai pengabdian kepada allah sebagai strategi harganya. Faktor pendukung keberhasilan strategi ini ada dua faktor yaitu: satu, SDM dari pengurus az-zahra yang memiliki soliditas, kekompakan dan loyalitas terhadap perkembangan az-zahra. Kedua adalah penerapan strategi bauran pemasaran yang mampu menjawab kebutuhan dan karakteristik dari jamaah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor SDM yang sebagian besar pengurusnya adalah ibu-ibu yang menjadi sukarelawan dan kendala legalitas yang masih sebatas sebagai lembaga majelis ta’lim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulianto,, Hendra Bagustasbitha.zahier@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pemasaran Sosial; Pemasaran Agama; Majelis Ta’lim
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: yulianto hendra bagus
Date Deposited: 15 Aug 2017 01:09
Last Modified: 15 Aug 2017 01:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19408

Actions (login required)

View Item View Item