Pengaruh intensitas penggunaan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi PAI jurusan PI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farizki, Firza Amalia (2017) Pengaruh intensitas penggunaan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi PAI jurusan PI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Penggunaan internet merupakan salah satu kebutuhan dalam pendidikan terutama bagi mahasiswa. Hal ini sangat relevan jika dilihat dari perumusan bahwa pendidikan itu adalah usaha sadar yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian dan potensi-potensi. Penggunaan internet bagi mahasiswa diharapkan agar bisa menjadi gudang ilmu yang mampu menjadikan mahasiswa untuk lebih meningkatkan segala sekaligus dapat menjadi agen sosial (social agent) menuju masyarakat yang lebih berperadaban Prestasi belajar sangat penting di dalam dunia pendidikan. Prestasi belajar digambarkan sebagai tingkat penguasaan mahasiswa terhadap sasaran belajar pada topik bahasan yang dipelajari, dieksperimenkan, yang diukur berdasarkan jumlah skor tertentu. Oleh karena itulah, penulis melakukan penelitian tentang Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi PAI Jurusan PI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.Dalam hal ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana intensitas penggunaan internet bagi mahasiswa PAI,bagaimana prestasi belajar mahasiswa PAI, serta bagaimana pengaruh intensitas penggunaan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi PAI jurusan PI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik statistik regresi linier. Sedangkan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah 1) Wawancara, 2) Angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan internet bagi mahasiswa PAI tergolong baik yakni sebesar 74,5%. Sedangkan prestasi belajar mahasiswa PAI tergolong sangat baik, hal ini bisa dilihat dari hasil angket sebesar 76,64%.Berdasarkan perhitungan regresi linier bahwa terdapat pengaruh positif antara intensitas penggunaan internet bagi mahasiswa PAI dengan prestasi belajar mahasiswa PAI menunjukkan tingkat pengaruh r sebesar 0,438 dan r square (koefisien determinasinya) adalah 0,192. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh positif antara intensitas penggunaan internet bagi mahasiswa PAI dengan prestasi belajar mahasiswa PAI sebesar 19,18%. Sedangkan faktor-faktor lain adalah pribadi diri mahasiswa, lingkungan keluarga, serta lingkungan masyarakat, dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farizki, Firza Amaliafirza.amalia95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Internet
Uncontrolled Keywords: Internet; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farizki Firza Amalia
Date Deposited: 11 Aug 2017 03:51
Last Modified: 11 Aug 2017 03:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19376

Actions (login required)

View Item View Item