Hubungan akuntabilitas keuangan sekolah dengan partisipasi wali murid di SDN Sekarputih kecamatan Bagor kabupaten Nganjuk

A'yunin, Binti Khurotut (2017) Hubungan akuntabilitas keuangan sekolah dengan partisipasi wali murid di SDN Sekarputih kecamatan Bagor kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (447kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (250kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pengelolaan pendidikan di banyak sekolah terkesan tertutup bagi pihak luar. Masyarakat, orang tua murid seolah olah tidak banyak mengetahui seluk beluk pengelolaan pendidikan di sekolah, tidak mengetahui pendapatan dan belanja sekolah, tidak dilibatkan dalam mengevaluasi kekuatan dan kelemahan kinerja sekolah dan sebagainya. Pengelolaan yang dianggap tidak transparan dan akuntabel berdampak negatif bagi perkembangan sekolah, karena orang tua murid akan meragukan sumbangan yang mereka berikan akan benar-benar dimanfaatkan bagi kepentingan penyelenggaraan pendidikan atau akan terjadi penyimpangan yang tidak diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas keuangan sekolah, partisipasi wali murid, hubungan akuntabilitas keuangan sekolah dengan peningkatan partisipasi wali murid serta pengaruh akuntabilitas keuangan sekolah terhadap peningkatan partisipasi wali murid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan kuesioner/angket. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 73 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik, korelasi product moment serta analisis regresi linier sederhana. Dari pengujian data diketahui tingkat kualitas akuntabilitas keuangan sekolah tergolong sangat baik karena mempunyai nilai rata-rata (mean) sebesar 37,21 dengan standar deviasi 3, 41, sedangkan tingkat kualitas partisipasi wali murid tergolong sangat baik mempunyai nilai rata-rata (mean) sebesar 36,92 dengan standar deviasi 3, 76. Dari pengujian yang telah dilakukan diperoleh terdapat hubungan akuntabilitas keuangan sekolah dengan partisipasi wali murid. Hasil hitung korelasi product moment di dapatkan bahwa r = 0,94. Karena nilai Sig (2-tailed) (p < 0,05) pada tabel r product moment dengan taraf 5% nilai 0,235 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara akuntabilitas keuangan sekolah dengan partisipasi wali murid. Berdasarkan rxy dengan nilai 0,94 yang terletak antara 0,80 – 1,00 yang mana interpretasinya tergolong sangat kuat/tinggi. Sedangkan Berdasarkan analisis data menggunakan regresi linier sederhana hasil penelitian pengaruh akuntabilitas terhadap partisipasi mempunyai ada hubungan yang signifikan antara tingkat akuntabilitas keuangan sekolah dengan partisipasi wali murid. untuk variabel akuntabilitas keuangan sekolah, berdasarkan hasil analisis diperoleh t hitung sebesar 23,288, maka t hitung > t tabel (23,288 > -1,010) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya koefisien regresi akuntabilitas keuangan sekolah signifikan. Berdasarkan besarnya pengaruh variabel akuntabilitas keuangan sekolah terhadap partisipasi wali murid menandakan bahwa faktor akuntabilitas keuangan sekolah sangat kuat untuk memprediksi partisipasi wali murid.

Email: bintikhurotut28@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Kholis, Nur
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas keuangan sekolah; partisipasi wali murid
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keuangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aýunin Binti Khurotut
Date Deposited: 11 Aug 2017 07:44
Last Modified: 11 Aug 2017 07:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19374

Actions (login required)

View Item View Item