Pengembangan kurikulum pendidikan nasional Indonesia dalam pembelajaran PAI di SMP Bahaudin Ngelom Sepanjang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugroho, Fahmi Taufiq (2017) Pengembangan kurikulum pendidikan nasional Indonesia dalam pembelajaran PAI di SMP Bahaudin Ngelom Sepanjang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (638kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama islam yang diterapkan adalah suatu hal yang baik, tetapi akan lebih intens lagi jika menata pembelajaran pendidikan agama islam itu dengan baik pula. Hal itu bisa tersampaikan apabila kurikulum yang digunakan adalah kurikulum yang tepat. Berbedanya kurikulum pada lembaga pendidikan juga akan mempengaruhi hasil atau produk dari lembaga pendidikan tersebut, untuk itu peneliti ingin mengkaji lebih dalam lagi tentang kurikulum yang diterapkan di SMP Bahaudim Ngalom Sepanjang Sidoarjo, karena dalam lembaga tersebut memiliki beberapa komponen kurikulum yang saling dipadukan.Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana konsep Kurikulum Pendidikan Nasional Indonesia di SMP Bahaudin Ngelom Sepanjang Sidoarjo ? (2) Bagaimana eksistensi Kurikulum Pendidikan Nasional Indonesia di SMP Bahaudin Ngelom Sepanjang Sidoarjo? (3) Bagaimana pengembangan Kurikulum Pendidikan Nasional Indonesia dalam pembelajaran PAI di SMP Bahaudin Ngelom Sepanjang Sidoarjo?. Dalam penelitiannya peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik observasi partisipasif, dimana peneliti ikut berpartisipasi dalam objek penelitiannya, wawancara untuk menggali informasi dari data primer dan dokumentasi berupa data yang diperoleh dari dokumen lembaga sebagai data sekundernya. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis konten dan analisis deskriptif. Yang akhirnya data akan diolah dengan proses editing dan pengorganisasian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam pembelajaran PAI di SMP Bahaudin Ngalom Sepanjang Sidoarjo mengembangkan kurikulumnya dengan memadukan antara kurikulum yang dipakai di sekolah umum dengan kurikulum madrasah serta kurikulum yang diolah oleh lembaga tersebut dengan memisahkan antara aspek dalam pembelajaran PAI dengan 4 mata pelajaran yakni fiqih, aqidah akhlaq, sejarah keislaman dan Alqur’an. Pada masing masing aspek menggunakan kurikulum yang berbeda. Kesimpulannya, dalam pembelajaran PAI di SMP Bahaudin Ngalom Sepanjang Sidoarjo, pada dasarnya menggunakan kurikulum sekolah pada umumnya. Akan tetapi dalam implementasinya, dalam pembelajaran Fiqih dan Aqidah Akhlaq lembaga tersebut menggunakan kurikulum yang dipakai di madrasah. Sementara untuk lainnya, lembaga tersebut mengembangkan kurikulum muatan lokal yang disesuaikan dengan lingkungan tempat berdirinya lembaga tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugroho, Fahmi Taufiqfmtau95@yahoo.co.jpUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Pengembangan kurikulum; Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nugroho fahmi taufiq
Date Deposited: 11 Aug 2017 08:51
Last Modified: 11 Aug 2017 08:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19368

Actions (login required)

View Item View Item