تحليل المحتوى الثقافى في كتاب "دروس اللغة العربية" للمدرسة الإعدادية الإسلامية على أساس منهج 2013

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permana, Lambung Bayu (2017) تحليل المحتوى الثقافى في كتاب "دروس اللغة العربية" للمدرسة الإعدادية الإسلامية على أساس منهج 2013. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (954kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (876kB) | Preview

Abstract

Bahasa adalah wadah suatu kebudayaan, terdapat hubungan interaksi yang erat antara bahasa dan kebudayaan, keduanya saling bersinergi membentuk cermin kepribadian suatu masyarakat. Tidak disangsikan lagi, bahwa bahasa adalah cermin budaya bagi masyarakat manusia. Dalam kurun waktu dewasa ini, perhatian akan bahasa Arab semakin besar, setidaknya hal ini mendorong untuk membuat buku ajar tentang bahasa Arab demi menyukupi kebutuhan pelajar bahasa Arab yang beraneka ragam dan terus bertambah. Muatan budaya merupakan aspek penting dalam pengajaran bahasa meliputi arti, penggunaan kalimat, konteks, dan susunan bahasa baik dari native speaker ataupun dari pengarang. Pelajar dirasa mampu meningkatkan kemampuan berbahasa, jika di iringi pemahaman budaya dari bahasa yang sedang dipelajari. Kitab bahasa Arab Kurikulum 2013 ini hadir untuk menjawab kebutuhan pelajar bahasa Arab untuk meningkatkan pemahaman muatan budaya bahasa Arab. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana muatan materi, muatan bahasa, dan muatan budaya yang terdapat pada kitab pembelajaran bahasa arab 2013 untuk MTs yang dikeluarkan oleh kementrian agama. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, metode dokumenter digunakan sebagai metode pengumpulan data yang meliputi tahap orientasi, tahap eksplorasi, tahap studi terfokus. Sedangkan untuk menganalisis data, metode yang digunakan adalah analisis isi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Kitab ini disajikan dengan baik dan menarik, serta dialog (hiwar) dan qiro’ah digunakan sebagai pendekatan utama dalam proses pembelajaran, oleh karena perhatian utama difokuskan kepada pemahaman dan ketrampilan berbicara secara lagsung, dilanjutkan ketrampilan membaca, sedang ketrampilan mendengar sedikit diabaikan, dalam kitab ini bahasa yang dipakai adalah bahasa Arab fushah yang benar dan tidak mengunakan bahasa lain selain bahasa Arab konten budaya Arab dalam kitab ini dikemas melalui penyajian yang cukup dan berimbang, dalam bentuk budaya lokal, keseharian di rumah, di sekolah serta sikap masyarakat. Dan ketrampilan berbahasa beserta unsur-unsurnya disajikan dengan baik serta dilengkapi latihan yang cukup. Adapun konten budaya Islam disajikan dengan cukup baik dan berimbang dalam tema-tema budaya Islam yang memelihara nilai-nilai budaya Arab Islam. Sebagai buku ajar bahasa Arab, muatan budaya islam dalam kitab “Bahasa Arab Kurikulum 2013” ini dinilai cukup baik dan cukup membantu pelajar memahami budaya dan bahasa Arab, serta sesuai dengan kebutuhan pelajar khususnya pada tingkatan pemula.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permana, Lambung BayuBayu.lamb@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Budaya
Buku
Uncontrolled Keywords: Konten; analisa; budaya; kitab Bahasa Arab K-13
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Permana Lambung Bayu
Date Deposited: 11 Aug 2017 06:46
Last Modified: 11 Aug 2017 06:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19361

Actions (login required)

View Item View Item