Relasi patron-klien mayarakat pesisir antara juragan dengan nelayan di Desa Pangkah Wetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik

Zulfia Rifki, Aris (2017) Relasi patron-klien mayarakat pesisir antara juragan dengan nelayan di Desa Pangkah Wetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aris Zulfia Rifki_B75213038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa yang menyebabkan terjadinya relasi patron klien masyarakat pesisir antara juragan dengan nelayan yang terjadi di desa pangkah wetan kecamatan ujungpangkah kabupaten gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi pada apa yang menyebabkan terjadinya relasi patron klien masyarakat pesisir antara juragan dengan nelayan yang terjadi di desa pangkah wetan kecamatan ujungpangkah kabupaten gresik adalah Teori konflik Rafl Dahrendrof.Dari hasil penelitian ditemukan bahwa; terbentuknya hubungan patron klien yang terjalin antara juragan dengan nelayan adalah dengan cara ajakan dari juragan terhadap masyarakat nelayan yang tidak mempunyai modal untuk melakukan kegiatan penangkapan ikan. Ajakan tersebut dilakukan melaui interaksi yang terjalin dari kedua belah pihak. Dari ajakan tersebut nelayan tersebut akhirnya menjalin hubungan patron klien antara juragan dengan nelayan. Hubungan tersebut bersifat kerjasama atau adanya suatu kontrak kerja yang dilakukan oleh juragan dengan nelayan yang ada di sana.

Email: aris211zulfia@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ahmady, Noor
Uncontrolled Keywords: Patron; Juragan; Nelayan
Subjects: Konflik sosial
Sosiologi
Tenaga Kerja
Karier
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Rifki Aris zulfia
Date Deposited: 11 Aug 2017 08:18
Last Modified: 11 Mar 2019 07:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19349

Actions (login required)

View Item View Item