نموذج تدريس مهارة الكلام في فصلي ALC (Attanwir Language Center) للصف الحادي عشر بمدرسة التنوير الثانوية الإسلامية سمبرجا بوجونيغارا (دراسة تحليلية لنموذج التدريس)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riza, Isti'adhatur (2017) نموذج تدريس مهارة الكلام في فصلي ALC (Attanwir Language Center) للصف الحادي عشر بمدرسة التنوير الثانوية الإسلامية سمبرجا بوجونيغارا (دراسة تحليلية لنموذج التدريس). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (733kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (899kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (611kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (839kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (458kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (410kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena program ALC ini merupakan satu- satunya program pengembangan Bahasa Arab yang ada di Bojonegoro, aktifitas berbahasa arab praktis lebih banyak dari pada di sekolahan, juga output kemahiran kalam siswa uang ikut ALC berbeda dengan yang tidak ikut ALC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang dilakukan di kelas ALC, dan kelebihan kekurangannya, juga untuk mengetahui tingkat kecakapan kalam siswa beserta fakto yang mendukung dan menghambatnya. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Objek penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas ALC dan siswa kelas XI yang mengikuti program ALC, dan dokumen- dokumen yang terkait. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas ALC dimulai dengan persiapan, apersepsi, kegiatan inti, evaluasi dan penutup. Hasil tes kecakapan berbicara bahasa arab menunjukkan bahwa ada enam kriteria kemampuan kalam sesuai dengan aspek penilaian (kefasihan, kelancaran dan lahjah). Adapun faktor yang mendukung dan menghambat kecakapan maharah kalam siswa meliputi factor internal yaitu dari dalam diri siswa sendiri, dan factor eksternal yaitu dari fator lingkungan sekitar siswa. Sedangkan kelebihan model pembelajaran kooperatif dapat dikelompokkan menjadi lima unsur yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individu, saling tatap muka satu dengan yang lain, adanya komunikasi antar anggota, dan adanya evaluasi proses kelompok. Sedangkan kelemahan dari model pembelajaran kooperatif ada dua faktor yaitu faktor dalam dan faktor luar yang bersumber dari dalam diri siswa sendiri dan lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riza, Isti'adhaturistiadhaturriza@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran bahasa arab; Maharah kalam
Depositing User: RIZA ISTI'ADHATUR
Date Deposited: 11 Aug 2017 02:35
Last Modified: 11 Aug 2017 02:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19336

Actions (login required)

View Item View Item