فعالية تطبيق لعبة " الكلمة الموضوعية " لترقية مهارة الكلام لتلاميذ الفصل السابع بمدرسة نور الإسلام المتوسطة الاسلامية فوغكيغ ماجاكرطا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umroh, Siti (2017) فعالية تطبيق لعبة " الكلمة الموضوعية " لترقية مهارة الكلام لتلاميذ الفصل السابع بمدرسة نور الإسلام المتوسطة الاسلامية فوغكيغ ماجاكرطا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Umroh_D32213028.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada dasarnya, Bahasa Arab adalah Bahasa Al-qur’an dan merupakan bahasa komunikasi internasional. Oleh karena itu, belajar Bahasa Arab merupakan kebutuhan bagi setiap orang, khususnya orang-orang islam. Terpilihnya judul tersebut dilatarbelkangi oleh lemahnya kemampuan berbicara siswa siswi pada mata pelajaran Bahasa Arab. Terdapat banyak siswa yang tidak suka belajar berbicara dalam pembelajaran Bahasa Arab. Karena mereka merasa bosan dengan pembelajaran berbicara. Dan sebagian dari mereka berpendapat bahwa berbicara adalah keterampilan yang paling sulit. Mereka merasa kesuliatan dalam menentukan judul dan memilih kata yang sesuai untuk disusun menjadi kalimat yang baik dan benar dalam berbicara. Karena itu peneliti ingin menerapkan permainan “Kata Tematik” untuk meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Dalam sisi peneliti ingin membahas efektifitas penerapan permainan “Kata Tematik” untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VII/C di MTs. Nurul Islam – Pungging – Mojokerto, adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan berbicara siswa kelas VII/C Mts. Nurul Islam? 2) Bagaimana penerapan permainan “Kata Tematik” dalam meningkatkan keterampilan berbicara terhadap siswa kelas VII/C Nurul Islam? 3) Bagaimana efektifitas penerapan permainan “Kata Tematik” dalam meningkatkan kemampuan berbicara terhadap siswa kelas VII/C Nurul Islam?. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan One Design Group, dan metode penelitian yang digunakan adalah : 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumen, 4) Angket, 5) Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Permaina Kata Tematik terbukti efektif. Hal ini bisa dilihat dari analisis yang dilakukan peneliti dengan menggunakan rumust T Test yang menunjukkan bahwa T Hitung (22,95) lebih besar dari T Tabel (2,75 dan 2,04) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya penerapan permainan Kata Tematik efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VII/C MTs. Nurul Islam – Pungging – Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umroh, Sitiumroh30@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Metode permainan bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Umroh Siti
Date Deposited: 11 Aug 2017 03:33
Last Modified: 26 Feb 2019 08:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19319

Actions (login required)

View Item View Item