Interaksi sosial antar umat beragama: studi kasus jama'ah Shalawat Wahidiyah dan jama'ah Nahdliyin di Desa Sukorejo Kab. Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannati, Brenda Fadkhuli (2017) Interaksi sosial antar umat beragama: studi kasus jama'ah Shalawat Wahidiyah dan jama'ah Nahdliyin di Desa Sukorejo Kab. Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (549kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (287kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (408kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Bab 7.pdf

Download (273kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dua persoalan, yaitu pertama, untuk mendeskripsikan sejarah, ajaran, dan aktivitas keagamaan jama’ah Wahidiyah dan jama’ah Nahdliyin. Dimana masing-masing jama’aah ini memiliki sejarah , ajaran, dan aktivitas yang berbeda, akan tetapi dua jama’ah tersebut saling menghormati, meskipun mempunyai pemahaman yang berbeda. Kedua, untuk menganalisis bentuk interaksi sosial antara jama’ah Wahidiyah dengan jama’ah Nahdliyin (NU). Dimana bentuk interaksi sosial mempunyai makna sebagai kegiatan individu atau kelompok individu dalam rangka pertentangan, pemanfaatan, partisipasi, dan penyesuaian dengan individu atau kelompok individu lainnya (lingkungannya). Manfaat dari penelitian ini sebagai sumber informasi khususnya dalam bermasyarakat. dan jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian lapangan yang menggambarkan suatu kenyataan sosial dalam masyarakat. penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. metode ini menjadi langkah awal bagi penulis untuk melihat, mengamati dan menyelidiki fakta-fakta yang terjadi, setelah penulis melakukan wawancara dan dokumentasi. sumber data dari penelitian ini diperoleh dari masyarakat yang di jadikan informan yaitu jama’ah lembaga keagamaan tersebut dan tokoh masyarakat desa Sukorejo. Hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti tentang Interaksi Sosial Antarumat Beragama (Studi kasus Jama’ah Wahiddiyah dan Jama’ah Nahdliyin di Desa Sukorejo, Kab. Sidoarjo) bahwa Interaksi sosial sangatlah penting untuk dilakukan karena dengan cara berinteraksi dapat membuat kesejahteraan hidup bagi setiap individu, bahkan interaksi sosial yang baik dapat mempererat tali persaudaraan antar umat beragama. Dengan cara berinteraksi kepada lembaga keagamaan lain dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru. Oleh karena itu adanya interaksi sosial merupakan kunci dari kehidupan sosial, tanpa adanya interaksi sosial, tidak akan mungkin ada kehidupan bersama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannati, Brenda Fadkhulijannati,brenda@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pluralisme
Tasawuf
Uncontrolled Keywords: Interaksi sosial; umat beragama; jama’ah shalawat Wahidiyah; jama’ah Nahdliyin
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Brenda fadkhuli jannahti
Date Deposited: 16 Aug 2017 03:03
Last Modified: 16 Aug 2017 03:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19306

Actions (login required)

View Item View Item