Pengaruh lingkungan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang terhadap pembentukan karakter peserta didik di MAN Rejoso Peterongan Jombang

Fahmi, Rifaldi (2017) Pengaruh lingkungan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang terhadap pembentukan karakter peserta didik di MAN Rejoso Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahmi Rifaldi_D71213095.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Karakter pada dewasa ini semakin dianggap penting dalam dunia pendidikan. Terlebih dengan semakin menurunnya nilai moralitas yang terjadi di kalangan masyarakat. Sudah sepatutnya dalam membentuk karakter tidak hanya ditunjang dengan pengajaran yang baik, melainkan juga perlu dilengkapi dengan lingkungan yang mendukung pula. Dan dalam hal ini lingkungan Pondok Pesantren dianggap sebagai tempat yang ideal untuk membentuk karakter seseorang. Hal ini pula lah yang melatarbelakangi peneliti untuk meneliti Pengaruh lingkungan Pondok Pesantren Darul Jombang terhadap pembentukan karakter di MAN Rejoso Peterongan Jombang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana lingkungan yang ada di Pondok pesantren Darul Ulum Jombang? (2) Bagaimana karakter peserta didik di MAN Rejoso Peterongan Jombang? (3) Bagaimana pengaruh lingkungan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang terhadap pembentukan karakter peserta didik di MAN Rejoso Peterongan Jombang? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik statistik Regresi Linier Sederhana dan Uji Signifikansi. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 1) Wawancara, 2) Observasi, 3) Dokumentasi, dan 4) Angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Lingkungan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang tergolong baik dengan prosentase hasil angket sebesar 88%. (2) Pembentukan Karakter Peserta Didik di MAN Rejoso tergolong baik dengan porsentase angket sebesar 87,5%. (3) Hasil perhitungan regresi linier sederhana diperoleh t hitung lebih besar daripada t tabel, (9,275 > 1,979) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga kesimpulannya: Ada pengaruh yang signifikan dari lingkungan pondok pesantren Darul Ulum Jombang terhadap pembentukan karakter peserta didik di MAN Rejoso Peterongan Jombang. Dan tingkat prosentase dari pengaruhnya adalah sebesar 32,3%.

Email: digilib@uinsby.ac.id
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ahmad Zakki, Fuad
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Pondok Pesantren; Pembentukan Karakter
Subjects: Lingkungan Hidup
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rifaldi Fahmi
Date Deposited: 11 Aug 2017 07:54
Last Modified: 27 Feb 2019 07:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19294

Actions (login required)

View Item View Item