Integrasi kurikulum 2013 dan kurikulum pondok pesantren serta implementasinya di MTs Fadllillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo

Agus, Nugraha (2017) Integrasi kurikulum 2013 dan kurikulum pondok pesantren serta implementasinya di MTs Fadllillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (294kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (521kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (787kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (363kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian hendak mengetahui integrasi kurikulum 2013 dan kurikulum pondok pesantren serta implementasinya di Madrasah Tsanawiyah Tambak Sumur Waru Sidoarjo,penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melakukan observasi atau pengamatan di lapangan, penulis berperan sebagai pengamat. Selain sebagai pengamat penulis juga melakukan pengumpulan data menggunakan metode wawancara langsung dengan informan yang berkompeten dengan data atau informasi yang dibutuhkan peneliti, diantara informan yang peneliti wawancarai adalah kepala sekolah, wakil kepala kurikulum dan pengajar di Madrasah Tsanawiyah Fadllillah. Sedangkan untuk teknik analisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis dan tidak tertulis (lisan) dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Berdasarkan data yang diperoleh, menunjukkan bahwa Kurikulum terpadu di Madrasah Tsanawiyah Fadlillah Waru Sidoarjo merupakan pengembangan kurikulum yang meniadakan batas-batas antara mata pelajaran kurikulum 2013 dan mata pelajaran kurikulum pondok Pesantren (TMI). Pengembangan kurikulum ini dapat diartikan sebagai usaha untuk memadukan dua kurikulum yang berbeda dalam satu lembaga pendidikan. Demi mencapai tujuan lembaga yakni selain peserta didik menguasai kemampuan dalam mata pelajaran kurikulum 2013 juga dapat menguasai kemampuan dalam mata pelajaran kurikulum pondok pesantren (TMI).Dengan demikian peneliti merekomendasikan bahwa Berdasarkan data-data hasil penelitian yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Fadlillah yang kemudian dianalisis sedemikian rupa, maka untuk peningkatan kualitas supaya menjadi lebih baik peneliti memberikan beberapa saran yakni Agar selalu mengupayakan semaksimal mungkin sarana dan prasarana guna menunjang kualitas dalam pembelajaran sehingga mampu tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ilun, Muallifah
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013; pesantren
Subjects: Kurikulum
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NUGRAHA AGUS
Date Deposited: 11 Aug 2017 08:01
Last Modified: 11 Aug 2017 08:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19283

Actions (login required)

View Item View Item