Studi solidaritas masyarakat Islam dalam kegiatan keagamaan di Palesanggar Pegantenan Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saini, Saini (2017) Studi solidaritas masyarakat Islam dalam kegiatan keagamaan di Palesanggar Pegantenan Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (491kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (650kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (393kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Dartar Pustaka.pdf

Download (417kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa hal yang penting terkait judul di atas yaitu: Pertama, bagaimana solidaritas masyarakat Islam dalam kegiatan kegamaan. Kedua, Kegiatan apa saja yang ada di desa Palesanggar. Manfaat dari penelitian ini untuk menambah pengetahuan tantang pentingnya solidaritas dalam kegamaan khususnya di Palesanggar. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang mengambarkan atau melukiskan suatu kenyataan sosial dalam masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Metode ini menjadi langkah awal bagi peneliti untuk melihat, mengamati serta menyelidiki fakta-fakta yang terjadi, setelah peneliti melakukan wawabcara dan dokumentasi. Sumber data dari peneliti ini diperoleh dari orang-orang yang dijadikan informan yaitu masyarakat Palesanggar yang mayoritas Agama Islam, tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat Palesanggar. Hasil peneliti menunjukkan bahwa, Pertama, masyarakat desa Palesanggar memiliki rasa solidaritas yang tinggi dalam melakukan kegiatan keagamaan terbukti mereka mengesampingkan pekerjaan pribadinya dan mendahulukan kegiatan-kegiatan yang berbau agama apa lagi kegiatan yang sudah menjadi ritinitas. Sedangkan yang Kedua, Ada banyak kegiatan yang menjadi rutunitas masyarakat desa Palesanggar itu menunjukan bahwa mereka sangat solid dalam melakukan kegiatan kegamaaan. Pertama, Koloman Tadarus al-Qur’an. Kedua, Koloman sebellese. Ketiga,Solawat Nariyah. Keempat, Malam Jumatan. Kelima Muslimata, Keenam, Pengajian Bulanan. Dari sekian banyak kegiatan keagamaan tersebut masyarat desa Palesanggar sampai saat ini masih eksis dalam megikuti dan menghadiri kegiatan-kegiatan kegamaan, maka dengan begitu mereka solidaritasnya memang sangat tinggi.

Kata Kunci: Solidaritas, Islam, kegiatan, Masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saini, Sainisainigibol@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tradisi Islam
Uncontrolled Keywords: Solidaritas; Islam; kegiatan; masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Saini Saini
Date Deposited: 14 Aug 2017 03:11
Last Modified: 14 Aug 2017 03:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19275

Actions (login required)

View Item View Item